Logo BeritaSatu

Sah, Bank BJB Resmi Kuasai 7,15 Persen Saham Bank Bengkulu

Jumat, 2 Desember 2022 | 22:14 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Bank bjb resmi masuk sebagai pemegang saham Bank Bengkulu setelah meraih persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penyertaan modal tahap I sebesar Rp 99,9 miliar. Langkah ini menjadi bagian penguatan permodalan sesama Bank Pembangunan Daerah (BPD) melalui skema Kelompok Usaha Bank (KUB).

Melalui setoran modal tersebut, bank bjb kini menggenggam 7,15% saham Bank Bengkulu. Persentase kepemilikan berpotensi meningkat mengingat berdasarkan perjanjian kerja sama (PKS) yang telah disepakati, bank bjb berkomitmen untuk kembali melakukan setoran modal sehingga mencapai sebanyak-banyaknya Rp 250 miliar.

Advertisement

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, menyampaikan, efektifnya penyertaan modal tahap pertama menjadi langkah awal yang monumental dalam mewujudkan mimpi besar sinergi BPD untuk memperkuat stabilitas sistem perbankan Indonesia. Termasuk peningkatan eksistensi BPD sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi bangsa.

Dia menerangkan, sejak ditandatanganinya PKS Penyertaan Modal tanggal 29 Juli 2022, secara beruntun ditindaklanjuti dengan berbagai penandatangan kerjasama. Dimulai dari PKS Induk tentang Sinergi Perbankan antara bank bjb dengan Bank Bengkulu, yang dilanjutkan dengan PKS Bank Sponsor BI FAST, PKS Layanan Pajak dan Retribusi Daerah, PKS Pengelolaan Agen Laku Pandai sampai dengan berbagi pengalaman mengenai best practice prosedur operasional perbankan.

"Sampai dengan saat ini kami masih menggali berbagai inisiatif sinergi bisnis lainnya, terus berproses untuk dapat kami finalisasi segera sehingga dapat mendorong peningkatan kinerja keuangan bank bjb serta Bank Bengkulu, dengan semangat tumbuh berkembang dan besar secara bersama-sama," ucap Yuddy, di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Langkah selanjutnya, pada RUPS mendatang di kedua belah pihak, akan mengajukan permohonan penetapan bank bjb sebagai salah satu Pemegang Saham Pengendali Bank Bengkulu bersama-sama dengan Pemprov Bengkulu, untuk memenuhi ketentuan POJK agar Bank Bengkulu dapat tergabung dalam KUB bank bjb. Hal ini sekaligus memproses atas penyertaan modal tahap II atas sisa komitmen setoran modal sebesar banyak-banyak Rp 150 miliar.

Disampaikan Yuddy, berbekal pengalaman baik berproses KUB dengan Bank Bengkulu, bank bjb juga mengajak beberapa BPD lainnya untuk bersinergi bersama melalui KUB. Bahkan, komunikasi yang dilakukan telah semakin intensif, yang juga telah melibatkan stakeholders daerah setempat.

Tercatat, selain Bank Bengkulu, juga terdapat Bank Sultra yang telah menandatangani Letter of Intent (LoI) KUB pada tanggal 29 September 2022. Di samping itu, terdapat beberapa BPD lainnya yang masih dalam proses penjajakan.

Bank bjb juga merupakan satu-satunya BPD yang telah berpengalaman dan mengantongi izin OJK menjadi Perusahaan Induk KUB. Selain itu, bank bjb merupakan BPD dengan peringkat rating tertinggi dari Pefindo, yaitu peringkat Double A, mencerminkan fundamental bisnis yang kokoh.

Dengan sokongan bank bjb, BPD yang bergabung dengan KUB bank bjb akan terdampak positif dalam mengakselerasi kualitas layanannya. Mitra juga dapat lebih efisien mengenai pengeluaran capital expense melalui penggunaan bersama atas berbagai pengembangan infrastruktur yang telah bank bjb lakukan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mulai Besok, Biodiesel Bakal Dicampur Bahan Bakar Nabati 35%

Pemerintah akan meningkatkan kandungan bahan bakar nabati (BBN) dalam biodiesel menjadi 35% dari sebelumnya 30%, mulai besok, 1 Februari 2023.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Waskita Beton Suplai Produk Perdananya untuk Proyek IKN

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mulai mensuplai produk perdananya untuk proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IMF: Risiko Inflasi dan Covid-19 Masih Mengintai

Terlepas dari prospek yang lebih cerah, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan masih banyak risiko menanti di tahun 2023 ini.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IHSG Hari Ini 31 Januari 2023 Turun 21 Poin di Sesi I

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Selasa 31 Januari 2023 turun 31,0 poin (0,45%) ke level 6.841.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pendiri ChatGPT Bicara Soal Skenario Terburuk AI

Menurut founder ChatGPT Sam Altman, skenario terbaiknya, AI bisa sangat bermanfaat, tetapi skenario terburuknya adalah "akhir dari kita semua."

EKONOMI | 31 Januari 2023

Laba Konsolidasi IFG Diproyeksi Rp 3,44 Triliun di 2022

IFG, BUMN holding asuransi, investasi dan penjaminan memproyeksikan laba konsolidasi tahun 2022 mencapai Rp 3,44 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor properti masih akan menjadi salah satu kontributor utama perekonomian Indonesia di tahun 2023 yang diproyeksikan tumbuh 5%.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Minyakita di Ibu Kota Mulai Langka dan Harganya Meroket

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan akan mencukupi kebutuhan pasar dengan meningkatkan pasokan dari 300.000 ton per bulan menjadi 450.000 ton.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Baidu Siapkan Pesaing ChatGPT OpenAI

Raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu berencana untuk meluncurkan layanan chatbot kecerdasan buatan yang mirip dengan ChatGPT OpenAI.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pelindo Jajaki Pengapalan Langsung Pelabuhan Belawan ke India

Pelindo bersama konsorsium INA menjajaki pengapalan langsung dari Pelabuhan Belawan, ke India.

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tampil di New York Fashion Week 2023, Zeta Prive Siapkan 10 Koleksi

Tampil di New York Fashion Week 2023, Zeta Prive Siapkan 10 Koleksi

LIFESTYLE | 51 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE