Logo BeritaSatu

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:10 WIB
Oleh : WBP

Houston, Beritasatu.com- Harga minyak berjangka hilang 1,5% pada perdagangan Jumat (2/12/2022), menjelang pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) pada Minggu (4/12/2022) dan larangan Uni Eropa (UE) pada minyak mentah Rusia pada Senin (5/12/2022).

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Januari terpangkas US$ 1,24 atau 1,5% menjadi US$ 79,98 per barel.

Advertisement

Kedua kontrak turun, setelah keluar dan masuk dari wilayah negatif, tetapi membukukan kenaikan mingguan pertama masing-masing sekitar 2,5% untuk Brent dan 5,0% untuk WTI, setelah 3 minggu berturut-turut mencatat penurunan.

"Trader ragu-ragu untuk menjual pada akhir pekan jika ada gemuruh yang berkembang bahwa OPEC+ akan mengejutkan pasar pada pertemuan akhir pekan," kata analis Price Futures, Phil Flynn.

OPEC+ diperkirakan akan tetap pada target terbarunya mengurangi produksi minyak 2 juta barel per hari (bph) ketika bertemu pada Minggu (4/12/2022). Namun beberapa analis percaya bahwa harga minyak mentah dapat turun jika kelompok tersebut tidak melakukan pemotongan lebih lanjut.

Produksi minyak Rusia bisa turun 500.000 menjadi 1 juta barel per hari pada awal 2023 karena larangan Uni Eropa atas impor melalui laut mulai Senin (5/12/2022), kata dua sumber di produsen utama Rusia.

Polandia menyetujui kesepakatan Uni Eropa untuk batas harga US$ 60 per barel pada minyak lintas laut Rusia, yang memungkinkan blok bergerak maju menyetujui kesepakatan tersebut selama akhir pekan. Demikian dikatakan Duta Besar Polandia untuk Uni Eropa Andrzej Sados.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan batas harga minyak Rusia akan disesuaikan dari waktu ke waktu sehingga Uni Eropa dapat bereaksi terhadap perkembangan pasar.

Harga minyak mentah Ural Rusia diperdagangkan sekitar US$ 70 per barel pada Kamis (1/12/2022) sore. Batas itu dirancang untuk membatasi pendapatan ke Rusia, sementara tidak mengakibatkan lonjakan harga minyak.

Mengirim sinyal bullish, Tiongkok akan mengumumkan pelonggaran protokol karantina Covid-19 dalam beberapa hari, sumber mengatakan kepada Reuters, yang akan menjadi perubahan besar dalam kebijakan konsumen minyak terbesar kedua di dunia.

Sementara data pemerintah juga menunjukkan bahwa pemberi kerja AS menambahkan lebih banyak pekerjaan dari yang diharapkan pada November.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Bursa Asia Pasifik dibuka melemah pada awal perdagangan Kamis (9/2/2023). Investor cemas akan kenaikan suku bunga yang lebih banyak ke depan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

MNC Sekuritas merekomendasikan saham BBNI, EXCL, PNBS, dan SMDR untuk perdagangan hari ini. IHSG akan menguji level resisten 6.970

EKONOMI | 9 Februari 2023

Sentimen Gempa Turki dan Pernyataan Powell Masih Bayangi Harga Minyak Mentah

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Rabu (8/2/2023) akibat pernyataan Powell, gempa Turki, dan pulihnya Tiongkok.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Laporan Emiten Mengecewakan, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street ditutup melemah pada hari Rabu (8/2/2023). Investor kembali fokus ke laporan pendapatan perusahaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE