Logo BeritaSatu

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Bandung, Beritasatu.com - Untuk membuka lapangan pekerjaan di Jawa Barat, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan akan merelokasi Kawasan Industri yang sekarang berada di Pulo Gadung, Jakarta Timur ke wilayah Subang, Jawa Barat.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa Kawasan Industri yang sejak puluhan tahun silam berada di area Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk menjadi lahan industri.

Advertisement

"Pulo Gadung sudah tidak layak sebagai lahan industri, sehingga saya rasa perlu pembicaraan tentang kerjasama (perpindahan kawasan industri) ini", kata Erick Thohir saat ditemui oleh B universe ketika mengunjungi kediaman sesepuh Jabar HD Sutisno, di Kota Bandung pada Jumat (2/12/2022) malam.

Lebih lanjut, Erick Thohir menjelaskan bahwa masalah yang ada saat ini adalah bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi di Jawa Barat. "Lapangan pekerjaan di Jawa Barat masih menjadi isu yang cukup penting saat ini", lanjut Thohir. "Sehingga salah satu pemikirannya adalah bagaimana kita menggabungkan sebuah kesatuan wilayah, Seperti Kertajati, Patimban dengan beberapa tanah milik BUMN yang berlokasi di sekitar Subang.

"Salah satunya ada 1.600 hektar tanah yang memang menjadi alokasi untuk pembangunan industri dikawasan Subang, Jawa Barat", lanjut Erick Thohir. "Selain Bandara Kertajati yang sudah dibuka sejak sebelum pandemi, nantinya di Patimban juga kereta cepat Jakarta ke Bandung akan masuk, tetapi hingga sekarang tidak ada pembangunan lahan industri yang merupakan bagian dari pembukaan lapangan pekerjaan yang lebih luas", sambung Thohir lagi.

Thohir menuturkan bahwa UMKM akan didorong lagi untuk mewujudkan ekonomi yang lebih kuat di Jawa Barat dan dia pun meminta beberapa brand UMKM yang sudah terkenal termasuk dukungan bank pemerintah untuk mulai fokus mengembangkan perekonomian Jawa Barat terutama di area sekitar Subang.

"Kita coba yang terbaik , karena UMKM sendiri merupakan pondasi daripada ekonomi nasional dan jumlahnya ada 65,4juta dan ini yang kita jaga", tutup Erick Thohir. (ADVERTORIAL)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Bursa Asia Pasifik dibuka melemah pada awal perdagangan Kamis (9/2/2023). Investor cemas akan kenaikan suku bunga yang lebih banyak ke depan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

MNC Sekuritas merekomendasikan saham BBNI, EXCL, PNBS, dan SMDR untuk perdagangan hari ini. IHSG akan menguji level resisten 6.970

EKONOMI | 9 Februari 2023

Sentimen Gempa Turki dan Pernyataan Powell Masih Bayangi Harga Minyak Mentah

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Rabu (8/2/2023) akibat pernyataan Powell, gempa Turki, dan pulihnya Tiongkok.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Laporan Emiten Mengecewakan, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street ditutup melemah pada hari Rabu (8/2/2023). Investor kembali fokus ke laporan pendapatan perusahaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

EKONOMI | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE