Logo BeritaSatu

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Sabtu, 3 Desember 2022 | 16:24 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB

Surabaya, Beritasatu.com - Omzet usaha mikro di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk yang dibuat tim peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Sebelum menggunakan teknologi tepat guna tersebut, omzet pengusaha mikro di desa tersebut Rp 18 juta per bulan dan sekarang meningkat menjadi Rp 30 juta per bulan.

Alat pengiris gelondongan kerupuk merupakan temuan tiga peneliti, yakni Hadi Santosa, Yuliati, dan Hartono Pranjoto. Mereka merancang alat pengiris kerupuk puli dan singkong itu pada 2019.

Advertisement

“Awalnya kami merasa prihatin melihat alat manual yang digunakan pembuat kerupuk di sana, karena dari segi waktu dan produktivitas kurang maksimal. Akhirnya melalui dana dari Kemendikbudristek, kami mulai merancang teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kerupuk,” kata Hadi Santosa melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (3/12/2022)

Dengan alat tersebut, pengusaha mikro dapat memproduksi kerupuk dalam jumlah lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat. Bahan baku utama pembuatan kerupuk adalah tepung tapioka/singkong, tepung sagu, tepung terigu, dan tepung beras.

“Dengan alat ini dalam sehari para perajin bisa menghasilkan 40 kg hingga 50 kg dalam waktu 2 jam. Sebelumnya dibutuhkan waktu 5 jam. Dengan efisiensi waktu, perajin bisa menggunakan waktunya untuk menjemur dan menimbang kerupuk," ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan merancang alat pengering kerupuk agar produktivitas pengusaha mikro di sana semakin meningkat. Pasalnya, mereka masih menjemur kerupuk secara tradisional di bawah sinar matahari.

Perajin kerupuk, Muhammad Amin mengakui alat pengiris kerupuk tersebut mudah digunakan, sekaligus dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka. "Pada masa pandemi pun, kami masih bisa berproduksi, walaupun hanya 50% dari biasanya. Alat ini mudah pemeliharaannya dan praktis digunakan," katanya.

Kerupuk sebagai makanan pendamping dan juga kudapan yang diproduksi di Desa Jaddih dipasarkan di Pulau Madura dan Surabaya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Selamat Sempurna Gabung Koalisi Anti Korupsi Indonesia

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) menandatangani declaration of intent untuk bergabung menjadi anggota Koalisi Anti Korupsi Indonesia (KAKI).

EKONOMI | 6 Februari 2023

Allianz Utama Bayarkan Klaim Rp 72,4 Miliar Sepanjang 2022

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mencatat klaim terkait asuransi kendaraan mencapai Rp 72,4 miliar sepanjang tahun 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023

CLEO Targetkan Penggunaan Plastik Daur Ulang 20 Persen

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan penggunaan plastik daur ulang untuk botol kemasan air minum mencapai 20 persen tahun ini.

EKONOMI | 6 Februari 2023

BPS Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Masih Jawa Sentris

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terpusat di Jawa dan Sumatera.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Tetapkan Dua Fokus Utama Pengawasan IKNB di 2023

Ogi menegaskan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menentukan dua fokus utama pengawasan di sektor industri keuangan non bank atau IKNB.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Ini Dua Sektor Penopang Pertumbuhan Ekonomi Syariah

BI memproyeksikan ekonomi syariah pada 2023 masih akan tumbuh positif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Ungkap Alasan Industri Keuangan Syariah Masih Tertinggal

Total aset keuangan syariah di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan aset keuangan konvensional.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pangsa Pasar Keuangan Syariah Indonesia Capai 10,69 Persen

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, pertumbuhan keuangan syariah juga menunjukkan hasil yang baik.

EKONOMI | 6 Februari 2023

BPS Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2022 Tertinggi Sejak 2013

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi selama tahun 2022 mencapai 5,31 persen.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Catat Aset IKNB Tembus Rp 3.081,30 Triliun di 2022

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total aset industri keuangan non bank atau IKNB menembus Rp 3.081,30 triliun per Desember 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bermagnitudo 7,5, Turki Kembali Diguncang Gempa Dahsyat

Bermagnitudo 7,5, Turki Kembali Diguncang Gempa Dahsyat

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE