Logo BeritaSatu

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Minggu, 4 Desember 2022 | 06:51 WIB
Oleh : Ichsan Ali / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan banyak perusahaan startup sejak awal tahun 2022.

Mikhael mengungkapkan, karyawan startup harus membentuk serikat pekerja baru dikarenakan tidak bisa diklasifikasikan seperti serikat-serikat pekerja seperti yang sudah ada saat ini.

Advertisement

"Saya rasa startup ini sebuah industri yang benar-benar baru dan tidak pernah ada dan unik, jadi tidak bisa langsung dikelompokkan ke situ saja (serikat-serikat pekerja yang sudah ada). Itu namanya agak, menggeneralisir, padahal mereka ini kelompok yang khusus. Saya bilang karena dari jam kerja yang seperti kita tahu pakai aplikasi jam 2 pagi juga harus jalan aplikasi itu, tidak seperti buruh pabrik yang kerja nine to five, masuk jam 9 dan jam 5 pulang. Karena perbedaan itu saya rasa tidak bisa dimasukkan ke serikat pekerja yang sudah ada, maka harus serikat pekerja sendiri," ungkap Mikhael saat melakukan konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, pada Sabtu (3/12/2022).

Terkait teknis pembentukan serikat pekerja startup, Mikhael menyerahkan hal tersebut kepada Kementerian Ketenagakerjaan untuk membantu para karyawan startup dalam membentuk serikat pekerja.

"Kalau sekarang kan kita masih membicarakan isu-isu milenial yang menunjukkan kepedulian PKB terhadap anak-anak muda seperti pemecatan massal ini di start up jadi kita membicarakan itu. Kita tidak melulu membicarakan politik, jadi tidak membicarakan bagi-bagi kekuasaan segala macam tetapi kita benar-benar peduli kepada isu yang memang berpengaruh kepada milenial karena mereka juga perlu job security dan membuat serikat pekerja," paparnya.

Diketahui badai PHK di perusahaan startup telah terjadi sejak awal tahun 2022. Sederet perusahaan startup seperti Sirclo, GrabKitchen, dan Ruangguru telah melalukan PHK kepada para karyawannya. Terbaru, perusahaan startup investasi Ajaib melakukan PHK massal kepada 67 karyawannya pada akhir November 2022.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Selamat Sempurna Gabung Koalisi Anti Korupsi Indonesia

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) menandatangani declaration of intent untuk bergabung menjadi anggota Koalisi Anti Korupsi Indonesia (KAKI).

EKONOMI | 6 Februari 2023

Allianz Utama Bayarkan Klaim Rp 72,4 Miliar Sepanjang 2022

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mencatat klaim terkait asuransi kendaraan mencapai Rp 72,4 miliar sepanjang tahun 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023

CLEO Targetkan Penggunaan Plastik Daur Ulang 20 Persen

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan penggunaan plastik daur ulang untuk botol kemasan air minum mencapai 20 persen tahun ini.

EKONOMI | 6 Februari 2023

BPS Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Masih Jawa Sentris

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terpusat di Jawa dan Sumatera.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Tetapkan Dua Fokus Utama Pengawasan IKNB di 2023

Ogi menegaskan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menentukan dua fokus utama pengawasan di sektor industri keuangan non bank atau IKNB.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Ini Dua Sektor Penopang Pertumbuhan Ekonomi Syariah

BI memproyeksikan ekonomi syariah pada 2023 masih akan tumbuh positif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Ungkap Alasan Industri Keuangan Syariah Masih Tertinggal

Total aset keuangan syariah di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan aset keuangan konvensional.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pangsa Pasar Keuangan Syariah Indonesia Capai 10,69 Persen

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, pertumbuhan keuangan syariah juga menunjukkan hasil yang baik.

EKONOMI | 6 Februari 2023

BPS Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2022 Tertinggi Sejak 2013

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi selama tahun 2022 mencapai 5,31 persen.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Catat Aset IKNB Tembus Rp 3.081,30 Triliun di 2022

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total aset industri keuangan non bank atau IKNB menembus Rp 3.081,30 triliun per Desember 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bermagnitudo 7,5, Turki Kembali Diguncang Gempa Dahsyat

Bermagnitudo 7,5, Turki Kembali Diguncang Gempa Dahsyat

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE