Logo BeritaSatu

Indef: Tahun Politik Berpotensi Ganggu Stabilitas Ekonomi

Senin, 5 Desember 2022 | 12:39 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Tauhid Ahmad memperingatkan tahun politik dan gejolak global di tahun depan berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi domestik.

Tauhid menjelaskan, meningkatnya risiko ketidakpastian di tahun politik sempat terjadi setahun sebelum pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yakni di tahun 2013 dan 2018 yang menyebabkan kinerja saham menurun drastis.

Advertisement

"Dunia diprediksi begitu gelap tahun mendatang, sehingga akan berimplikasi ke situasi dalam negeri. Apalagi, tahun depan itu masuk tahun politik yang penuh ketidakpastian. Pengalaman kita satu tahun sebelum pemilu stock exchange tren menurun seperti tahun 2013 dan 2018, karena pasar mencermati ketidakpastian di dalam negeri meningkat," ungkap Tauhid dalam acara diskusi Indef, Senin (5/12/2022).

Selain itu, kata Tauhid, ada pula risiko global yang menyebabkan pelemahan ekonomi global masih berlanjut dan meningkat, mulai dari perang Rusia-Ukraina yang masih akan berlanjut hingga akhir tahun.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, pelemahan ekonomi global masih akan berlanjut di tahun depan, dalam proyeksinya pertumbuhan ekonomi dunia akan menurun dari 3% di tahun ini menjadi 2,6% di tahun depan.

"Tapi ini masih bisa turun lagi jadi 2% dalam skenario risiko lain. Karena terdapat risiko resesi di AS dan Eropa meningkat yang akan memberikan dampak pada kemampuan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Kedua, lonjakan inflasi yang belum akan menurun di tahun depan, bahkan pergerakan inflasi diproyeksikan baru akan turun pada kuartal IV tahun depan.

Selanjutnya Bank Sentral di negara berkembang dan maju yang mulai meningkatkan suku bunga acuannya untuk merespons inflasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

Blu by BCA Digital menjalin kerja sama dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta untuk memperluas layanan Bank as a Service (BaaS).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BI Pastikan Proof of Concept Rupiah Digital Terbit Juli 2023

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, Bank Indonesia sudah melakukan pertemuan dengan pemain-pemain potensial untuk menjadi wholesaler rupiah digital.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 450.000 Ton Minyak Goreng Minyakita

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan penambahan stokminyak goreng curah Minyakita ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 30 produsen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Muchammad Yusuf selaku Chief Pusat Pasar Kerja mengatakan sebanyak 70 persen angkatan kerja di Indonesia diisi oleh generasi muda.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pengesahan RUU PPRT Beri Kepastian Hukum Pekerja Rumah Tangga

Kemen PPPA menilai RUU PPRT dapat memberikan kepastian hukum serta kejelasan tugas dan tanggung jawab pekerja, pemberi kerja serta penyalur tenaga kerja.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Ungkap Alasan Penetapan RUU PPRT Perlu Dipercepat

Kemenaker menegaskan pentingnya percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) sebagai undang-undang (UU).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diharapkan Tetap Independen di Bawah Presiden

Tulus menegaskan, BPJS Kesehatan harus tetap berada di bawah presiden, sehingga sebagai lembaga publik tetap independen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Dirut BPJS Kesehatan: Indonesia Lebih Cepat Capai UHC

Dirut BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan, program JKN sudah melindungi 248,7 juta jiwa atau sekitar 90% dari total penduduk Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Viral Pesan BPJS Kesehatan Bagikan Hadiah, Dirut: Itu Hoax

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan, pesan beredar yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan tersebut adalah hoax.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

Anas memastikan kementerian dan lembaga negara yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis tidak ikut pindah ke IKN Nusantara.

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE