Logo BeritaSatu

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Senin, 5 Desember 2022 | 14:43 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang penetapan upah minimum 2023 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

Menurut Hariyadi, penetapan upah minimum harus kembali pada Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Apalagi kondisinya saat ini PHK tengah banyak terjadi di sektor-sektor industri padat karya, seperti industri tekstil dan alas kaki.

Advertisement

"Yang paling penting untuk mengurangi risiko PHK adalah membatalkan Permenaker 18 Tahun 2022, ini sudah pasti. Jadi kita berharap ini dibatalkan dan kembali menggunakan sepenuhnya formula upah minimum di Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021," kata Hariyadi Sukamdani dalam seminar "Proyeksi EKonomi Indonesia 2023" yang digelar Institute for Development of Economics and Finance (Indef), di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Hariyadi mengungkapkan, selama ini yang kerap protes terhadap ketentuan upah minimum adalah serikat pekerja. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), dari delapan konfederasi serikat pekerja yang ada di Indonesia, jumlahnya ada sebanyak 2,5 juta orang atau pekerja. Sedangkan angkatan kerja Indonesia ada sebanyak 144 juta orang.

"Artinya yang ribut 2,5 juta orang, angkatan kerjanya 144 juta orang. Kalau kita menjadi pengambil kebijakan publik, kita kan harus menghitung mana yang paling merepresentasikan," ujarnya.

Terkait penetapan upah minimum yang mengacu pada Permenaker 18/2022, Apindo bersama sembilan asosiasi bisnis lainnya juga telah mengajukan uji materi atau judicial review (JR) menggugat Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ke Mahkamah Agung (MA) pada 28 November 2022 lalu.

Adapun sembilan asosiasi yang mengajukan uji materi yaitu Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (Abadi), Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI). Kemudian, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Penyewa dan Peritel Indonesia (Hippindo), Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi) serta Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki).

Selain membatalkan Permenaker 18/2022, dalam memitigasi risiko PHK, Apindo juga memandang diperlukannya untuk pengurangan jam kerja untuk sektor-sektor tertentu seperti garmen, sepatu, dan lain-lain, misalnya menjadi 30 jam per minggu. Hal lainnya adalah perlunya percepatan finalisasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (IEU-CEPA) agar mengejar ketertinggalan level of playing field dari Vietnam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis di Tengah Koreksi Bursa Asia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Kamis (9/2/2023), dibuka menguat tipis 0,01% ke level 6.940,6, di tengah bursa Asia yang melemah

EKONOMI | 9 Februari 2023

Delegasi Ukraina Sebut Indonesia Mitra Ekonomi yang Strategis

Kunjungan delegasi Ukraina ke Indonesia mendapatkan sambutan hangat dari perusahaan swasta dalam negeri.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Bursa Asia Pasifik dibuka melemah pada awal perdagangan Kamis (9/2/2023). Investor cemas akan kenaikan suku bunga yang lebih banyak ke depan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

MNC Sekuritas merekomendasikan saham BBNI, EXCL, PNBS, dan SMDR untuk perdagangan hari ini. IHSG akan menguji level resisten 6.970

EKONOMI | 9 Februari 2023

Sentimen Gempa Turki dan Pernyataan Powell Masih Bayangi Harga Minyak Mentah

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Rabu (8/2/2023) akibat pernyataan Powell, gempa Turki, dan pulihnya Tiongkok.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Laporan Emiten Mengecewakan, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street ditutup melemah pada hari Rabu (8/2/2023). Investor kembali fokus ke laporan pendapatan perusahaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis di Tengah Koreksi Bursa Asia

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis di Tengah Koreksi Bursa Asia

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE