Logo BeritaSatu
Lunch Talk BTV

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

Senin, 5 Desember 2022 | 15:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Jakarta, Beritasatu.com - Isu lingkungan hidup dan konservasi alam keberlanjutan kerap membayangi operasional perusahaan yang bergerak di bidang energi, pertambangan dan juga perminyakan, salah satunya juga menyorot perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit.

Beberapa perusahaan energi saat ini sudah menerapkan sistem ESG atau Environmental Social Governance sebagai standar perusahaan untuk praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola demi menjaga keseimbangan operasional perusahaan secara keseluruhan.

Advertisement

Salah satu perusahaan yang menerapkan ESG adalah PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang merupakan perusahaan induk dengan kegiatan utamanya bergerak di bidang produksi dan penjualan minyak kelapa sawit, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan lainnya.

Melalui program Lunch Talk BTV beberapa waktu lalu, sebagai nara sumber dihadirkan President Director ANJ Tbk Lucas Kurniawan, dan Director of Sustainibility ANJ Group Nunik Maharani. Keduanya memaparkan tentang program ESG yang telah dijalankan oleh PT ANJ sebagai salah satu perusahaan minyak kelapa sawit yang wilayah operasionalnya tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

"Saat ini kami sudah mempraktikkan responsible development dan pemberdayaan sosial untuk semua lini bisnis kami di tengah tantangan iklim La Nina dalam tiga tahun terakhir di mana curah hujan begitu tinggi yang cukup mempersulit industri kelapa sawit, mulai dari membuat kompos dari limbah padat kelapa sawit hingga limbah cair yang kami kemudian kami ubah menjadi biogas," kata Lucas.

Sedangkan Nunik mengatakan bahwa sudah menjadi DNA dari PT ANJ untuk terus menyeimbangkan antara alam dan manusia. "Keduanya sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, kami menjaga konservasi alam dengan melindungi hutan dan isinya. Terbukti sekarang lahan konservasi kami sudah mencapai 60.000 hektar dengan 50.000 lahan yang diitanami, jadi lebih besar jumlah lahan untuk konservasi daripada lahan untuk ditanami," kata Nunik.

"Selain itu kami juga punya program Pendaki atau Peduli Keanekaragaman Hayati yang salah satunya adalah konservasi perlindungan spesies orang utan di lahan kami di Kalimantan yang juga melibatkan semua pihak di kebun baik itu penjaga keamanan, operasional atau pun pemanen yang berjumpa dengan kekayaan flora dan fauna bisa melapor ke departemen konservasi," tambah Nunik.

Lucas juga menambahkan bahwa seja tahun 2012 limbah cair produksi palm oil dari PT ANJ yang berisi gas metan dan sumber energi tinggi telah bertransformasi menjadi sebuah pabrik biogas pertama di Indonesia dan berlokasi di Provinsi Bangka Belitung. "Kami bekerjasama dengan PT PLN menciptakan listrik dari pabrik biogas kami untuk pasokan dua ribu rumah tangga dengan masing-masing daya sebesar 900 W," tambah Lucas.

"Program kami lainnya untuk di Indonesia timur adalah memberikan akses edukasi dan juga livelihood dengan mengajarkan para mama di sekitar perkebunan untuk bisa membuat menu-menu sehat dan enak yang kemudian bisa menjadi suplai chain bagi catering provider di perusahaan kami," pungkas Nunik.

Secara keseluruhan dalam diskusi yang berlangsung hangat tersebut, Lucas juga memaparkan bahwa pertumbuhan PT ANJ pada tahun 2021 termasuk meningkat dengan laba bersih hingga 40 juta dolar. "Pertumbuhan volume CPO juga meningkat hingga 11% dengan mengintegrasikan ESG sebagai bagian dari strategi bisnis selaras dengan visi kami sebagai perusahaan agribisnis kelas dunia yang seimbang dalam tata kelola lingkungan dan manusia, termasuk tidak beroperasi di lahan gambut," pungkasnya. (ADV).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Bursa Asia Pasifik dibuka melemah pada awal perdagangan Kamis (9/2/2023). Investor cemas akan kenaikan suku bunga yang lebih banyak ke depan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

MNC Sekuritas merekomendasikan saham BBNI, EXCL, PNBS, dan SMDR untuk perdagangan hari ini. IHSG akan menguji level resisten 6.970

EKONOMI | 9 Februari 2023

Sentimen Gempa Turki dan Pernyataan Powell Masih Bayangi Harga Minyak Mentah

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Rabu (8/2/2023) akibat pernyataan Powell, gempa Turki, dan pulihnya Tiongkok.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Laporan Emiten Mengecewakan, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street ditutup melemah pada hari Rabu (8/2/2023). Investor kembali fokus ke laporan pendapatan perusahaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Tiket Proliga di Malang, Paling Murah Rp 60.000

Harga Tiket Proliga di Malang, Paling Murah Rp 60.000

SPORT | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE