Logo BeritaSatu

Harga Minyak Terkapar karena Kekhawatiran Bunga Fed

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:23 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Chicago, Beritasatu.com - Harga minyak turun pada Senin (5/12/2022) mengikuti bursa saham AS yang tertekan setelah data sektor jasa AS menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve (The Fed) dapat melanjutkan pengetatan kebijakan agresifnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun US$ 2,57, atau 3%, menjadi US$ 83 per barel. Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 2,67, atau 3,3%, menjadi US$ 77,32 per barel. Kedua harga minyak sebelumnya naik lebih US$ 2, dan berbalik arah.

Advertisement

Aktivitas industri jasa AS meningkat pada November, dengan sektor ketenagakerjaan pulih kembali. Ini menawarkan lebih banyak bukti momentum yang mendasari ekonomi bersiap menghadapi resesi tahun depan.

Berita itu menyebabkan harga minyak dan saham melemah.

Data itu menantang harapan Fed dapat memperlambat kecepatan kenaikan suku bunga di tengah tanda-tanda inflasi melandai.

"Kegelisahan ekonomi makro tentang The Fed dan tindakan merela merespons suku bunga mengambil alih pasar," kata analis di grup Price Futures Phil Flynn.

Mendukung pasar sebelumnya, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, OPEC+, pada Minggu (4/12/2022) sepakat tetap berpegang pada rencana Oktober untuk memangkas produksi 2 juta barel per hari (bpd) dari November hingga 2023.

"Keputusan itu tidak mengherankan, mengingat ketidakpastian di pasar atas dampak larangan impor minyak mentah Rusia UE pada 5 Desember dan pembatasan harga G-7," kata Wakil Presiden Konsultan Wood Mackenzie Ann-Louise Hittle.

Selain itu, kelompok produsen menghadapi risiko penurunan dari potensi melemahnya pertumbuhan ekonomi global dan kebijakan nol Covid-19 Tiongkok.

Negara-negara Kelompok Tujuh (G-7) dan Australia pekan lalu menyepakati batas harga US$ 60 per barel untuk minyak Rusia lintas laut.

Pada saat yang sama, banyak kota di Tiongkok melonggarkan pembatasan Covid-19 pada akhir pekan lalu.

Aktivitas bisnis dan manufaktur di Tiongkok, ekonomi terbesar kedua di dunia, tahun ini terpukul oleh langkah-langkah ketat untuk mengekang penyebaran virus corona.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pria Berseragam ASN Aniaya Tukang Martabak di Bandar Lampung

Pria Berseragam ASN Aniaya Tukang Martabak di Bandar Lampung

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE