Logo BeritaSatu

INA dan SWF Denmark Investasi Rp 7,8 Triliun di Energi Hijau

Rabu, 7 Desember 2022 | 08:26 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) dan Sovereign Wealth Fund (SWF) Denmark, Investment Fund for Developing Countries (IFU) menyepakati perjanjian kerangka investasi atau Investment Framework Agreement di bidang energi hijau dengan nilai yang direncanakan mencapai US$ 500 juta atau setara Rp 7,8 triliun.

CEO INA Ridha Wirakusumah menjelaskan bahwa INA dan IFU menandatangani Investment Famework Agreement senilai US$ 500 juta pada Selasa (6/12/2022). Dana itu akan fokus diinvestasikan pada area-area seperti impact investing, responsible investing, dan sustainable investing.

Advertisement

"Jadi, yang kita tandatangani total nilainya US$ 500 juta, dari total itu, US$ 100 juta masing-masing berasal dari INA dan IFU. Lalu, kita akan finding another US$ 300 juta, sehingga kalau kita investasi up to US$ 500 juta," jawab Ridha kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Ridha membeberkan area-area yang bersifat sustainbale investing di antaranya green investing, healthcare, energi terbarukan, air, pengelolaan limbah, dan ekonomi sirkular lain. Setelah penandatangan kerja sama ini, baik INA maupun IFU bersama investor strategis lain akan mengkaji proyek-proyek investasinya.

"Proyeknya sudah ada di pipeline. Namun nanti akan ada annoucement berikutnya. Tapi, kita buat cangkang dulu untuk pembiayaannya," imbuh Ridha.

Ia menekankan bahwa saat ini yang terpenting bukan seberapa besar dana investasinya, tetapi lebih pada tujuan investasinya agar dapat memberikan dampak positif.

"Jadi kalau misalnya IFU US$ 35 juta, kita (INA) US$ 35 juta, nanti ada lagi investor-investor lain US$ 30 juta, jadi investasinya total US$ 100 juta. Jadi, totalnya mungkin fase 1 US$ 500 juta, tapi ke depan bisa lebih besar lagi nilainya," terang Ridha.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen mengapresiasi tercapainya kesepakatan antara INA dan IFU. Sebab menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia bukan hanya berkembang tetapi juga maju.

"Salah satunya, Indonesia menjadi green leader di antara negara-negara kawasan bahkan dunia. Satu elemen yang kita sepakati adalah kemitraan transisi energi. Kita menyadari, kesepakatan ini bukan sekadar kemitraan tetapi juga mengirimkan pesan nyata kepada dunia," jelas Lars.

Lebih dari itu, sambungnya, kedua belah pihak juga terlibat dalam kerja sama penanganan waste area dan clean water, sehingga Indonesia akan menjadi hijau seiring adanya Ibu Kota Negara (IKN) baru. "Saya pikir, ini contoh bisnis yang baik untuk memberikan dampak nyata," tutup Lars.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Indonesia Masters: Lewat Laga Menegangkan, Fajar/Rian Akhirnya Tersingkir

Indonesia Masters: Lewat Laga Menegangkan, Fajar/Rian Akhirnya Tersingkir

SPORT | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE