Logo BeritaSatu

Transformasi Digital Perlu Akselerasi untuk Topang Ekonomi Nasional

Rabu, 7 Desember 2022 | 08:32 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.comTransformasi digital pascapandemi penting dilakukan karena saat ini teknologi bukan sekadar alat dalam operasional bisnis atau organisasi, melainkan dasar dari sumber keunggulan kompetitif guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam pelaksanaannya, transformasi digital memiliki tantangan mulai infrastruktur, pemerataan ketersediaan akses internet, talenta digital, hingga meningkatnya risiko keamanan siber karena peningkatan arus data yang eksponensial.

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Mulyadi mengatakan kualitas dan jangkauan konektivitas digital di pelosok nusantara mampu mendorong inklusivitas dan transformasi digital.

Advertisement

Menurutnya, agenda transformasi digital nasional perlu diwujudkan dengan dukungan dari berbagai pihak seperti masyarakat, dunia usaha, akademisi, media, dan penyelenggara teknologi komunikasi. “Pembangunan transformasi digital di Indonesia tidak bisa berjalan dengan pemerintah sendiri, dengan dukungan semua pihak, kita berharap pembangunan transformasi digital dapat berjalan dengan baik,” kata Mulyadi dalam seminar Lintas Teknologi Solutions Day|5th Edition bertajuk “Orchestrating Technologies to Boost Economic Growth” di Jakarta Selasa (6/12/2022).

Konferensi tahunan ini bertujuan memberikan ruang diskusi mengenai isu-isu penting yang erat dengan akselerasi transformasi digital guna mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan teknologi digital merupakan kunci atas upaya pemulihan dan pemberdayaan di berbagai sektor, termasuk untuk mendukung perdagangan, industrialisasi dan investasi yang inklusif, meningkatkan produktivitas, serta membuka potensi ekonomi masa depan khususnya bagi UMKM dan start-up. “Melihat proyeksi nilai ekosistem digital kita yang sangat tinggi, penting bagi kita membangun ekosistem digital untuk mendukung sektor perdagangan dan retail di Indonesia,” ucap Jerry Sambuaga.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) yang menjadi salah satu pembicara di acara Lintas Solutions Day 2022 ini Pandu Sjahrir mengatakan teknologi sudah menjadi bagian dari culture dan society bangsa Indonesia dan membuat kontribusi dalam ekonomi digital saat ini menjadi sangat relevan.

Direktur Network Telkomsel Nugroho sebagai mengatakan kolaborasi antara operator, technology owner, serta digital application partner diperlukan untuk bisa menciptakan use cases yang bermanfaat dan punya urgency yang penting untuk bisa mendukung investasi infrastruktur.

Kepala Badan Siber & Sandi Negara (BSSN) Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengatakan tingginya pemanfaatan teknologi komunikasi paralel dengan meningkatnya risiko keamanan siber, sehingga keamanan siber menjadi faktor utama kesuksesan dalam mewujudukan ekonomi digital.

President Director, PT Lintas Teknologi Indonesia Muhamad Paisol menuturkan bahwa gelaran konferensi tahunan ini merupakan bentuk komitmen Lintas Group sebagai penyokong teknologi ICT untuk terus mendorong akselerasi transformasi digital demi percepatan pemulihan ekonomi nasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Standard & PoorKerek Peringkat Bumi Resources Jadi B Minus

Lembaga pemeringkat global Standard & Poor (S&P) menaikkan peringkat long-term issuer credit PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dari sebelumnya CCC menjadi B Minus.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Standard & PoorKerek Peringkat Bumi Resources Jadi B Minus

Standard & PoorKerek Peringkat Bumi Resources Jadi B Minus

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE