Logo BeritaSatu

Dubes AS: UU KUHP Bisa Berdampak Negatif ke Investasi

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:35 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Indonesia menilai pengesahan Undang-Undang Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (UU KUHP) yang mengatur hingga ke ranah pribadi bisa berdampak negatif pada laju investasi di Indonesia.

Dubes AS untuk Indonesia Sung Y Kim mengatakan pihaknya prihatin ada pasal-pasal moralitas yang mengatur aktivitas rumah tangga antara orang dewasa akan berdampak negatif terhadap iklim investasi di Indonesia. “Mengkriminalkan keputusan pribadi individu akan menjadi bagian besar dalam matriks keputusan banyak perusahaan yang menentukan apakah akan berinvestasi di Indonesia. Hasilnya dapat mengakibatkan berkurangnya investasi asing, pariwisata, dan perjalanan,” ucap Dubes AS Sung dalam acara US-Indonesia Investment Summit di Jakarta Selasa (6/12/2022).

Advertisement

Dia menuturkan AS dan Indonesia memiliki hubungan kuat karena memiliki nilai-nilai yang sama. Kalangan pengusaha di Amerika Serikat sangat ingin memperdalam hubungan dan berinvestasi di Indonesia. Namun pengusaha AS juga memperhatikan situasi di Indonesia. Keberhasilan G-20 telah memberikan dampak positif bagi masa depan Indonesia.

“Penting untuk melanjutkan dialog dan memastikan saling menghormati satu sama lain, negara-negara seperti Indonesia dan Amerika Serikat dapat saling belajar tentang cara memastikan masyarakat inklusif untuk semua,” kata Dubes AS.

Amerika Serikat dan Indonesia bersama-sama memobilisasi investasi untuk pembangunan berkelanjutan di kedua negara. Investasi sektor swasta AS di sini terus tumbuh dengan AS naik menjadi negara investor terbesar keempat di Indonesia tahun lalu. “Kesuksesan Indonesia sebagai presiden G-20 semakin menunjukkan betapa pentingnya investasi saat kita berupaya memperkuat ekonomi kita setelah terkena dampak pandemi Covid-19,” kata Sung.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi(KTT) G-20 Amerika Serikat dan Indonesia menyepakati skema pendanaan Just Energy Transition Partnership (JETP). Sung mengatakan kemitraan JETP menggabungkan ambisi iklim Indonesia tingkat tinggi dengan sumber daya US$20 miliar dari mitra publik dan swasta, untuk mendukung tujuan transisi energi Indonesia yang cepat dan adil.

“JETP akan secara signifikan mempercepat transisi Indonesia menuju masa depan energi yang lebih bersih, dengan fokus tidak hanya pada pengurangan emisi kuat, tetapi juga mendorong pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi sambil melindungi mata pencaharian masyarakat dan pekerja di sektor yang terkena dampak,” ucap Dubes AS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol 509,01 Km di 2023

Kementerian PUPR menargetkan penambahan total jalan tol baru sepanjang 509,01 kilometer (km) pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga Inggris, Jadon Sancho Selamatkan MU dari Kekalahan

Liga Inggris, Jadon Sancho Selamatkan MU dari Kekalahan

BOLA | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE