Logo BeritaSatu

Dubes AS: UU KUHP Bisa Berdampak Negatif ke Investasi

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:35 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Indonesia menilai pengesahan Undang-Undang Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (UU KUHP) yang mengatur hingga ke ranah pribadi bisa berdampak negatif pada laju investasi di Indonesia.

Dubes AS untuk Indonesia Sung Y Kim mengatakan pihaknya prihatin ada pasal-pasal moralitas yang mengatur aktivitas rumah tangga antara orang dewasa akan berdampak negatif terhadap iklim investasi di Indonesia. “Mengkriminalkan keputusan pribadi individu akan menjadi bagian besar dalam matriks keputusan banyak perusahaan yang menentukan apakah akan berinvestasi di Indonesia. Hasilnya dapat mengakibatkan berkurangnya investasi asing, pariwisata, dan perjalanan,” ucap Dubes AS Sung dalam acara US-Indonesia Investment Summit di Jakarta Selasa (6/12/2022).

Advertisement

Dia menuturkan AS dan Indonesia memiliki hubungan kuat karena memiliki nilai-nilai yang sama. Kalangan pengusaha di Amerika Serikat sangat ingin memperdalam hubungan dan berinvestasi di Indonesia. Namun pengusaha AS juga memperhatikan situasi di Indonesia. Keberhasilan G-20 telah memberikan dampak positif bagi masa depan Indonesia.

“Penting untuk melanjutkan dialog dan memastikan saling menghormati satu sama lain, negara-negara seperti Indonesia dan Amerika Serikat dapat saling belajar tentang cara memastikan masyarakat inklusif untuk semua,” kata Dubes AS.

Amerika Serikat dan Indonesia bersama-sama memobilisasi investasi untuk pembangunan berkelanjutan di kedua negara. Investasi sektor swasta AS di sini terus tumbuh dengan AS naik menjadi negara investor terbesar keempat di Indonesia tahun lalu. “Kesuksesan Indonesia sebagai presiden G-20 semakin menunjukkan betapa pentingnya investasi saat kita berupaya memperkuat ekonomi kita setelah terkena dampak pandemi Covid-19,” kata Sung.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi(KTT) G-20 Amerika Serikat dan Indonesia menyepakati skema pendanaan Just Energy Transition Partnership (JETP). Sung mengatakan kemitraan JETP menggabungkan ambisi iklim Indonesia tingkat tinggi dengan sumber daya US$20 miliar dari mitra publik dan swasta, untuk mendukung tujuan transisi energi Indonesia yang cepat dan adil.

“JETP akan secara signifikan mempercepat transisi Indonesia menuju masa depan energi yang lebih bersih, dengan fokus tidak hanya pada pengurangan emisi kuat, tetapi juga mendorong pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi sambil melindungi mata pencaharian masyarakat dan pekerja di sektor yang terkena dampak,” ucap Dubes AS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

NEWS | 44 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE