Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:04 WIB
Oleh : Herman / YUD
Ilustrasi rupiah.

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau digital rupiah. Alat pembayaran ini berbeda dengan kripto yang sudah lebih dahulu hadir.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih menjelaskan, digital rupiah merupakan salah satu dari tiga jenis alat pembayaran yang sah di Indonesia, sedangkan kripto merupakan aset, bukan alat pembayaran.

“Yang satunya adalah currency (mata uang), kalau yang satunya (kripto) merupakan aset digital,” jelas Filianingsih dalam acara BIRAMA "Meniti Jalan Menuju Rupiah Digital" yang dikutip Beritasatu.com, Rabu (7/12/2022).

Filianingsih menambahkan, digital rupiah akan diimplementasikan secara bertahap, dimulai dari wholesale CBDC untuk penerbitan, pemusnahan dan transfer antar bank. Kemudian diperluas dengan model bisnis operasi moneter dan pasar uang, dan akhirnya pada integrasi wholesale digital rupiah dengan ritel digital rupiah secara end to end.

“Pengembangan digital rupiah akan dibagi ke dalam tiga tahapan yang disusun berdasarkan empat kriteria kelayakan, yaitu relevansi, urgensi, kesiapan, dan kadar implikasi (impact). Sekuens akan dimulai dari konsultasi publik, eksperimen teknologi, dan diakhiri reviu atas stancekebijakan,” jelasnya.

Dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), CDBC menggunakan private blockchain, identitas pengguna CDBC terikat dengan akun bank miliknya, berfungsi sebagai alat pembayaran seperti biasa dan bank sentral dapat mengatur jumlah pasokan dan jaringannya.

Sedangkan pada cryptocurrency menggunakan public blockchain, dapat menggunakan identitas anonim, bertujuan spekulasi dan sistem pembayaran tergantung regulasi di tiap negara serta otoritas yang mengaturnya adalah pasar jaringan kripto tersebut.

Bila nantinya rupiah digital resmi dikeluarkan oleh BI, maka Indonesia akan memiliki tiga jenis alat pembayaran yang sah, yaitu uang dalam bentuk kertas dan logam, kartu debit maupun kredit atau e-money, serta digital rupiah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI