Logo BeritaSatu

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Rabu, 7 Desember 2022 | 22:31 WIB
Oleh : Herman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Aturan pengendalian international mobile equipment identity (IMEI) sudah diterapkan sejak 2020. Namun, peredaran telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) ilegal masih saja marak. Bahkan, belakangan muncul di marketplace jasa unlock IMEI untuk HP ilegal atau bodong.

Agar tidak menjadi korban penawaran ponsel bodong atau ilegal, Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi Pengawasan (KSP) Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag), Gembong Sukendra mengingatkan masyarakat untuk selalu memastikan nomor IMEI yang tercantum pada kemasan sesuai dengan jumlah kartu SIM yang digunakan.

Advertisement

“Selalu lakukan pengecekan IMEI yang tertera pada barang dan atau kemasan,” kata Gembong Sukendra dalam acara diskusi yang digelar Indonesia Technology Forum (ITF), di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Pengecekan IMEI dapat dilakukan melalui:

1. Website Kementerian Perindustrian di https://imei.kemenperin.go.id

2. Akses pintasan pada menu panggilan di perangkat smartphone dengan menekan tombol *#06* untuk melihat info IMEI perangkat.

3. Melihat info nomor IMEI pada menu pengaturan smartphone tersebut.

Gembong juga mengingatkan masyarakat untuk selalu meminta penjual menguji masing-masing slot kartu SIM di telepon seluler. Masyarakat diminta memperhatikan adanya sinyal atau layanan seluler pada produk tersebut.

"Bagi yang membeli gadget secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI produk sudah tervalidasi dan terintegrasi, sehingga produk dapat digunakan,” katanya.

Gembong menambahkan, pihaknya telah mengawasi peredaran perangkat handphone, komputer genggam dan tablet (HKT) yang tidak teregistrasi atau tervalidasi sesuai dengan Permendag Nomor 69 Tahun 2018 tentang Pengawasan Barang Beredar dan Jasa. Terdapat juga aturan Permendag Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penetapan Barang yang Wajib Menggunakan atau Melengkapi Label Berbahasa Indonesia dan Permendag Nomor 26 Tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perdagangan.

“Kami juga melakukan pengawasan berkala terhadap perdagangan jasa buka blokir IMEI secara online di marketplace, dilanjutkan dengan permintaan takedown link di marketplace yang menyediakan jasa buka blokir IMEI,” ungkap Gembong.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) Hasan Aula juga mengingatkan masyarakat untuk tidak tergiur penawaran HP ilegal. Hal ini karena ponsel ilegal tidak dilengkapi garansi resmi sehingga bisa merugikan bila nantinya mengalami kerusakan.

“Kalau ternyata bukan handphone resmi, yang dikhawatirkan nanti garansinya tidak jelas, mau klaim garansi akan susah,” kata Hasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis di Tengah Koreksi Bursa Asia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Kamis (9/2/2023), dibuka menguat tipis 0,01% ke level 6.940,6, di tengah bursa Asia yang melemah

EKONOMI | 9 Februari 2023

Delegasi Ukraina Sebut Indonesia Mitra Ekonomi yang Strategis

Kunjungan delegasi Ukraina ke Indonesia mendapatkan sambutan hangat dari perusahaan swasta dalam negeri.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Mayoritas Bursa Asia Dibuka Melemah, Ada Apa Gerangan?

Bursa Asia Pasifik dibuka melemah pada awal perdagangan Kamis (9/2/2023). Investor cemas akan kenaikan suku bunga yang lebih banyak ke depan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

MNC Sekuritas merekomendasikan saham BBNI, EXCL, PNBS, dan SMDR untuk perdagangan hari ini. IHSG akan menguji level resisten 6.970

EKONOMI | 9 Februari 2023

Sentimen Gempa Turki dan Pernyataan Powell Masih Bayangi Harga Minyak Mentah

Harga minyak mentah dunia naik untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Rabu (8/2/2023) akibat pernyataan Powell, gempa Turki, dan pulihnya Tiongkok.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Laporan Emiten Mengecewakan, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street ditutup melemah pada hari Rabu (8/2/2023). Investor kembali fokus ke laporan pendapatan perusahaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis di Tengah Koreksi Bursa Asia

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis di Tengah Koreksi Bursa Asia

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE