Logo BeritaSatu

Grup Pertamina, PalmCo, dan Pupuk Kaltim Masuk Daftar IPO BUMN 2023

Kamis, 8 Desember 2022 | 06:08 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap membawa empat BUMN melantai di bursa pada tahun depan. Dua BUMN berasal dari Grup Pertamina yakni PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Sedangkan dua BUMN lainnya yaitu subholding dari PT Perkebunan Nusantara, PalmCo, dan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

Aksi penghimpunan dana publik yang dieksekusi perusahaan-perusahaan pelat merah ini secara grand design bertujuan untuk memperkuat industri energi dan pangan.

Advertisement

Asal tahu saja, PHE misalnya. Perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi minyak dan gas ini memiliki kebutuhan belanja modal (capex) sebesar US$ 4 miliar sampai US$ 5 miliar atau setara Rp 60 hingga Rp 90 triliun.

“Jadi, kita berharap melalui IPO PHE ini selain dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, juga bisa mendapatkan diversifikasi sumber pendanaan yang selama ini diperoleh melalui holding. Kita melihat total capex untuk bisa mengembangkan PHE berkisar US$ 4 miliar sampai US$ 6 miliar atau Rp 60 triliun sampai Rp 90 triliun,” ungkap Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Menurut Pahala total pendanaan itu sangatlah besar. Namun dirinya optimistis, dengan adanya momentum harga minyak dan gas bumi yang kini relatif tinggi akan menjadi sentimen positif yang memacu investor untuk berpartisipasi agresif.

Ditambah lagi, jumlah emiten produksi migas seperti PHE di pasar modal Indonesia masih terbilang sedikit. Atas dua pertimbangan tersebut, Pahala meyakini, IPO PHE akan berjalan optimal.

“Jadi, kita harapkan dengan IPO ini, sumber permodalan bisa digunakan untuk membiayai kegiatan eksplorasi di wilayah kerja PHE khususnya di Jawa, Sumatera, dan Papua,” imbuhnya.

Baca selanjutnya
Dibandingkan PHE, IPO terdekat sepertinya akan lebih dulu dieksekusi PGE. Sebab, ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PTPP Gandeng 5 BUMN Bentuk Usaha Patungan Beton Pracetak

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP bersama 5 BUMN Karya lainnya membentuk perusahaan patungan beton pracetak bernama PT Karya Logistik Nusantara.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Kemenkeu Belum Terapkan Cukai Minuman Berpemanis, Ini Alasannya

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani menyampaikan, pengenaan cukai minuman berpemanis mempertimbangkan kondisi ekonomi pascapandemi Covid-19.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Pekan Ini Ombudsman Periksa Bappebti

Ombudsman segera memeriksa Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) terkait dugaan malaadministrasi dalam proses pembentukan bursa kripto.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Bisnis Warunk Upnormal Mulai Berguguran, Apa Penyebabnya?

Channel Youtube Bennix yang banyak mengulas tentang dunia saham menganalisa tujuh penyebab runtuhnya bisnis Warunk Upnormal.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Bappebti Diduga Lakukan Malaadministrasi

Ombudsman mendalami dugaan malaadministrasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dalam proses pembentukan bursa kripto.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Airlangga: Ekonomi 2022 Tertinggi di Masa Pemerintahan Jokowi

Airlangga mengatakan, pertumbuhan ekonomi 2022 sebesar 5,31 persen menjadi pertumbuhan tertinggi di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

EKONOMI | 6 Februari 2023

BI Proyeksikan Sektor Prioritas Halal Value Chain Tumbuh hingga 5,3 Persen

Bank Indonesia (BI) menargetkan sektor prioritas halal calue chain akan tumbuh hingga 5,3 persen di tahun 2023.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Selamat Sempurna Gabung Koalisi Anti Korupsi Indonesia

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) menandatangani declaration of intent untuk bergabung menjadi anggota Koalisi Anti Korupsi Indonesia (KAKI).

EKONOMI | 6 Februari 2023

Allianz Utama Bayarkan Klaim Rp 72,4 Miliar Sepanjang 2022

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mencatat klaim terkait asuransi kendaraan mencapai Rp 72,4 miliar sepanjang tahun 2022.

EKONOMI | 6 Februari 2023

CLEO Targetkan Penggunaan Plastik Daur Ulang 20 Persen

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan penggunaan plastik daur ulang untuk botol kemasan air minum mencapai 20 persen tahun ini.

EKONOMI | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE