Logo BeritaSatu

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Kamis, 8 Desember 2022 | 21:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Erick mengungkapkan, ada banyak perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani selama side event dan KTT G20 berlangsung dengan nilai mencapai sekitar US$ 12 miliar.

“Kalau kita spend uang, mengeluarkan uang, kan mesti ada yang ditarik kembali. Alhamdulillah, kita tanda tangan, itu selama ada yang namanya BUMN International Conference, lalu juga ada B20, itu kita kerja sama US$ 12 miliar,” ungkap Erick Thohir di acara Obrolan Malam Fristian di BTV, Kamis (8/12/2022).

Advertisement

Erick mengungkapkan, kesepakatan yang dihasilkan antara lain terkait pendanaan air bersih hingga energi terbarukan.

“Yang paling membanggakan adalah pendanaan air bersih, di mana kita sudah membangun percontohan di Lamongan dan Cilacap, bagaimana kita bisa memberikan air bersih kepada masyarakat. Air bersih ini harus kita atasi, tidak bisa hanya kasih lihat, masyarakat yang kelas bawah justru beli air mahal. Ini kan menjadi kenyataan di kota-kota. Ini kita juga memastikan air bersih ini tidak menggunakan APBN, bisa enggak secara B2B, nah ternyata bisa. Dari dua pilot project ini, ada 42 proyek lainnya sekarang banyak yang mau bekerjasama,” ungkap Erick.

Kerja sama lainnya terkait sektor pariwisata, ekonomi kreatif, logistik, hingga kesehatan dan keamanan pangan. “Kita lakukan konsolidasi ini, nilainya luar biasa. Jadi kalau kita invest, ini balik modalnya berlebihan, jauh,” ungkapnya.

Erick menambahkan, kesuksesan Indonesia sebagai Presidensi G20 juga telah membuktikan Presiden Joko Widodo sangat dihormati oleh pemimpin dunia. Yang juga tidak kalah pentingnya adalah kerja keras dari seluruh kementerian, tidak ada ego sektoral.

“Bagaimana presiden kita Pak Jokowi bisa ke Rusia, bisa ke Ukraina, bisa diterima baik di Amerika Serikat, ke Tiongkok, ke Korea, ke Jepang. Belum lagi negara-negara yang hari ini agak panas di Timur Tengah, tetap diterima. Mau Saudi, mau Kuwait, mau Qatar, mau UEA, itulah figur yang memang kita miliki. Jadi beliau ini sangat dihormati,” kata Erick.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE