Logo BeritaSatu

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

Kamis, 8 Desember 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Vice President dan General Manager PT Mattel Indonesia (PTMI), Roy Tandean mengungkapkan mayoritas bahan baku boneka Barbie dan mainan anak yang diproduksi PTMI merupakan buatan lokal Indonesia. Dikatakan, 70% bahan baku berasal dari lokal.

"Bahan baku 65 persen sampai dengan 70 persen ini sudah lokal. Jadi, itu saya rasa suatu kebanggaan ya untuk suatu perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia bisa menyerap segitu banyak local content," ujar Roy di sela-sela acara peresmian molding center baru PTMI di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Advertisement

Roy mengatakan PTMI akan terus berupaya agar bahan baku pembuatan boneka Barbie lebih banyak lagi dari bahan lokal. Bahkan, pihaknya akan berencana untuk meningkatkan pembelian dari mitra lokal untuk produk tekstil dan kemasan di Cikarang dan Jawa Tengah.

"100 persen produk kami, kami ekspor. Ekspor paling besar tetap ke Amerika," tegas Roy.

Saat ini, kata Roy, produksi lokal Mattel telah mewakili lebih dari 35% total ekspor global mainan Indonesia. Dengan produk-produk yang dimiliki, Roy berharap PTMI bisa mendukung Indonesia memainkan peran penting di industri global.

"Indonesia memegang peran penting dalam operasi global kami serta mendukung upaya strategi transformasi untuk tumbuh sebagai perusahaan mainan yang berorientasi sebagai produsen terkemuka di industri mainan global," kata Roy.

PT Mattel Indonesia (PTMI) didirikan pada 8 Oktober 1992 di Cikarang, Jawa Barat, sebagai pabrik pertama Mattel di Indonesia. Dibangun di atas tanah seluas 45.000 meter persegi, pabrik PTMI Barat awalnya bertanggung jawab atas produksi boneka Barbie. Pada 2016, pabrik ini diubah menjadi pabrik diecast canggih yang kini dikenal sebagai MIDC (Mattel Indonesia Die-Cast).

Pabrik ini mulai berproduksi pada 2017 dan sekarang menjadi produsen utama paket lima mobil Hot Wheels secara global. Pada 1997, Mattel membuka Pabrik Timur PTMI sebagai perluasan dari lokasi semula. Pabrik Timur PTMI adalah produsen utama boneka Barbie di dunia. Pabrik Timur menempati tanah seluas 88.000 meter persegi. Hingga saat ini, di musim puncak, kedua pabrik tersebut mempekerjakan hingga sekitar 9.000 orang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PLN Mobile Proliga: STIN BIN Raih Kemenangan Beruntun di Gresik

PLN Mobile Proliga: STIN BIN Raih Kemenangan Beruntun di Gresik

SPORT | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE