Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Jumat, 9 Desember 2022 | 06:37 WIB
Oleh : Chairul Fikri / FMB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Obrolan Malam Fristian di BTV, Kamis 8 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan potensi pariwisata lokal menjadi sumber pendapatan besar bagi bangsa yang perlu ditingkatkan. Kementerian BUMN bersama Kementerian Pariwisata serius menggarap potensi wisata lokal di Indonesia dengan cara memperindah dan mempermudah akses ke lokasi wisatanya.

"Kami percaya pariwisata kita akan menjadi salah satu potensi menjadi sumber ekonomi baru. Sehingga kita terus dorong dengan bangun lokasi dan aksesnya agar mendatangkan wisatawan khususnya wisatawan lokal," ungkap Erick.

Erick menyatakan potensi pendapatan yang dihasilkan wisatawan lokal 70% lebih besar ketimbang dari devisa yang didapatkan wisatawan dari mancanegara.

"Wisatawan lokal mampu mendatangkan pendapatan Rp 1.400 triliun dibanding turis mancanegara yang hanya Rp 300-an triliun. Jadi saya pikir sayang kalau kita sampai salah melihat data," tambahnya.

Erick menyatakan bila memang aset-aset wisata bisa dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan dan memperbesar UMKM di Indonesia.

"Tetapi tetap dengan semua pembangunan itu, yang paling penting adalah kita tetap menjaga budaya kita. Ini yang tidak boleh hilang. Karena saya percaya bangsa yang besar adalah bangsa yang menjaga budayanya," tegasnya.

Erick juga berpesan kepada generasi muda untuk terus menjaga tradisi dan sejarah dalam membangun pariwisata yang lebih modern.

"Jangan sampai kita terjebak dalam pemikiran kebarat-baratan, tetapi mereka lupa pondasi budaya dan sejarah yang muncul dari pendahulu kita. Nilai-nilai nasionalisme itu yang harus kita jaga dalam membangun apapun," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI