Logo BeritaSatu

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Kebal Resesi, Ini Buktinya

Sabtu, 10 Desember 2022 | 13:21 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Equity Analyst Phillip Sekuritas Indonesia Helen meyakini Indonesia tidak akan mengalami resesi ekonomi di 2023, meskipun di tahun depan banyak yang meramalkan kondisi ekonomi global penuh ketidakpastian.

Secara umum, kata Helen, kondisi resesi terjadi saat ekonomi di suatu negara tumbuh negatif pada dua kuartal beruntun.

Advertisement

"Apakah Indonesia memiliki peluang besar mengalami resesi di 2023? Kalau kita melihat sebenarnya peluang Indonesia untuk mengalami resesi itu sangat kecil. Kemungkinan yang kita bisa alami hanya perlambatan ekonomi,” kata Helen dalam webinar Market Outlook 2023 "Cuantastic Saat Resesi" yang digelar Phillip Sekuritas Indonesia, Sabtu (10/12/2022).

Helen menyampaikan, ketika ekonomi global melambat atau ekonomi negara tujuan ekspor Indonesia mengalami perlambatan, kondisi tersebut tentunya akan memberi dampak bagi perekonomian Indonesia.

“Seluruh ekonomi dunia itu terhubung satu sama lain. Tetapi kita masih tetap optimistis bahwa di tahun 2023 ekonomi Indonesia masih mampu bertumbuh, didukung oleh beberapa faktor. Antara lain ekonomi kita yang berorientasi domestik dengan juga konsumsi masyarakat dan besarnya populasi. Ini jadi salah satu hal penting yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi kita,” ungkap Helen.

Di kesempatan sebelumnya, Deputy Director Indef Eko Listiyanto juga meyakini Indonesia pada 2023 tidak akan sampai mengalami resesi ekonomi di tengah kondisi perekonomian global yang masih bergejolak.

Berdasarkan kekuatan penopang ekonomi dalam negeri, menurut Eko, economy outlook 2023 di Indonesia hanya terjadi perlambatan, tidak sampai kepada resesi ekonomi.

"Dugaan saya tidak akan sampai terjadi resesi di tahun depan, tapi memang ada penurunan ekonomi. Ekonomi masih bergerak, tapi tidak seperti tahun ini,” kata Eko.

Ia memperkirakan permintaan komoditas pada 2023 akan menurun, sehingga dampaknya pada penerimaan negara yang mengalami penurunan. "Meski begitu, Indonesia menjadi salah satu negara yang akan kuat menahan gejolak ekonomi yang akan terjadi," tegas Eko.

Eko juga meyakini Indonesia masih punya harapan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di akhir tahun hingga 5%, meskipun dinamika ekonomi global masih bergejolak.

Ia juga melihat tantangan ekonomi sebenarnya sudah mulai terasa dari beberapa bulan sebelumnya. Terutama dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan perubahan nilai tukar rupiah.

“Kalau nilai tukar sudah melemah, artinya ada problem dalam optimisme. Namun, harapan untuk mencapai pertumbuhan di akhir tahun 5% masih ada. Artinya kemungkinan akan tumbuh 5%,” ujar Eko.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Formula 1 2023, Red Bull Andalkan RB19 dan Duet Verstappen-Perez

Formula 1 2023, Red Bull Andalkan RB19 dan Duet Verstappen-Perez

SPORT | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE