Logo BeritaSatu

Wika Gedung Raih Proyek Gedung Kemenko Marves di IKN Rp 745 M

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:11 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) atau Wika Gedung kembali memproleh kontrak baru di proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp 750 miliar.

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Hadian Pramudita menyebut, Wika Gedung akan menggarap proyek Pembangunan Bangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di IKN senilai Rp 745 miliar.

Advertisement

Hadian menjelaskan, gedung perkantoran Kemenko Marves ini memiliki tinggi delapan lantai, dibangun dengan mengusung konsep pembangunan smart dan green building yang terintegrasi. Keunggulan lain dari pembangunan gedung perkantoran Kemenko Marves ini, lanjut Hadian, terletak pada penggunaan teknologi konstruksi Building Information Modelling (BIM).

Posisi Gedung Kemenko Marves berdiri di atas lahan seluas 24.274 meter persegi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, tidak jauh dari kawasan Istana Presiden IKN. Adapun lingkup pekerjaannya meliputi rancang bangun dengan masa pelaksanaan pekerjaan selama 660 hari kerja.

Sebelum menggenggam proyek Kemenko Marves, Wika Gedung lebih dulu telah mengamankan proyek Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN Modular dengan progress pekerjaan mencapai 94%.

Di samping menggarap proyek IKN, anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tersebut baru saja ditunjuk Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk mengerjakan proyek Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI (Centre of Excellence) Sekolah Teknik Meteorologi Klimatologi Geofisika (STMKG) di Jalan Meteorologi Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Banten.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menginginkan, gedung yang dibangun Wika Gedung itu benar-benar excellence dalam arti green building dan smart building. "Dengan kehadiran gedung berkonsep green building, BMKG akan berkontribusi dalam mengendalikan laju CO2," ucap dia.

Sesuai rencana, kampus modern tersebut ditargetkan tuntas dalam jangka waktu 350 hari kalender atau akhir tahun 2023. Wika Gedung akan membangun sekolah dinas BMKG ini menggunakan metode Building Information Modelling level 5D untuk mendukung percepatan, ketepatan pembangunan, hingga faktor keselamatan dan keamanan.

Di proyek tersebut, Wika Gedung bakal melaksanakan pekerjaan perencanaan, persiapan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mechanical, electrical & plumbing (MEP), serta landscape.

Perinciannya, gedung yang akan menjadi fasilitas STMKG ini memiliki tinggi 39 meter terdiri dari delapan lapis lantai dan satu lantai basement dengan luas total bangunan 31.540 meter persegi.

Selain membangun gedung perkuliahan, nantinya terdapat juga laboratorium MKGI (center of excellence) dengan target sertifikasi bangunan gedung hijau di level utama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

Bursa Asia-Pasifik dibuka menguat pada hari Jumat (27/1/2023) menyusul penutupan Wall Street yang positif ditopang data PDB AS.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol BCA, Salah Bank atau Nasabah? Ini Kata OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai awal pekan depan akan memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam kasus tukang becak bobol BCA senilai Rp 320 juta.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Harga Minyak Mentah Menguat 1% Ditopang Sentimen PDB AS

Harga minyak mentah dunia naik sekitar 1% didorong sentimen pembukaan kembali ekonomi Tiongkok dan pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah untuk Capai Target PDB

Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai angka 5,3% ditopang konsumsi, investasi, dan ekspor.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PDB AS Tumbuh 2,9% Dorong Wall Street Menguat

Wall Street naik pada Kamis (26/1/2023). Produk domestik bruto AS kuartal keempat menguat 2,9%, di atas ekspektasi pasar.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Green Tech Genjot Produksi Motor Listrik Tanah Air

Green Tech mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 per tahun.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Berdayakan Startup Digital, Telkomsel Hadirkan NextDev Academy

Telkomsel menghadirkan program pengembangan startup digital NextDev Academy ke-8 untuk membuka peluang perkembangan ekosistem pemberdayaan startup digital.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Sri Mulyani: Anggaran Covid-19 Bisa Bangun 2 IKN

Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran penanganan Covid-19 diperkirakan bisa digunakan untuk membangun dua ibu kota negara (IKN).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Pengamat: Perppu Cipta Kerja Bawa Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja

EKONOMI | 26 Januari 2023

Rupiah Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Menguat ke Rp 14.947

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (26/1/2023) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE