Logo BeritaSatu

RMK Energy Bidik Laba Naik Jadi Rp 558 M, Ini Strateginya

Rabu, 25 Januari 2023 | 16:16 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT RMK Energy Tbk (RMKE), emiten pertambangan batu bara pada tahun 2023 menargetkan dan laba bersih Rp 558,6 miliar atau bertambah dari perkiraan akhir 2022 sebesar Rp 375,4 miliar. Sementara pendapatan 2023 diharapkan naik menjadi Rp 3,2 triliun dari proyeksi akhir 2022 sebesar Rp 2,5 triliun.

"Untuk mengejar target itu RMK Energy menargetkan menjual 3 juta metrik ton (MT) dan mengangkut 10,8 juta MT batu bara," kata Direktur Keuangan RMK Energy Vincent Saputra kepada Investor Daily, Rabu (25/1/23).

Advertisement

Dia optimismis pada tahun 2023 permintaan batu bara masih tinggi, khususnya kalori rendah. Berkaca pada 2022, batu bara kalori rendah tumbuh signifikan dengan harga cenderung stabil. Permintaan batu bara kalori diperkirakan akan terus berlanjut dalam beberapa tahun mendatang karena biaya lebih rendah untuk memenuhi kebutuhan energy security.

“RMK Energy optimistis kinerja keuangan masih akan tumbuh sampai tercapainya keseimbangan antara energi fosil dan terbarukan, dan di saat ekonomi dunia telah pulih pada level pra-Covid-19,” jelasnya

Vincent mengatakan target penjualan batu bara 3 juta metrik ton (MT) dan mengangkut 10,8 juta MT batu bara merupakan internal perusahaan. Volume tersebut belum termasuk tambahan volume sinergi RMK Energy dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang ditandatangani Desember 2022 lalu. Dalam kerja sama itu, RMK Energy dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan menggarap 2,5 juta ton batu bara. Produksi batubara tersebut diproyeksikan dapat ditingkatkan hingga 1 juta ton setiap tahun mulai 2023.

Dalam kerja sama ini, RMK Energy atau afiliasinya akan membangun dan merawat hauling road mulai tambang PTBA, menyediakan jasa logistik batu bara dari proses loading & unloading angkutan kereta api, stockpile services, loading tongkang/barge hingga transhipment menuju mother vessel.

Dia mengatakan sepanjang 2022 pendapatan mencapai Rp 2,5 triliun dengan laba Rp 375,4 miliar. Dengan kompossi pendapatan sebesar 75% dari penjualan batu bara dan sisanya dari jasa angkut. Sedangkan untuk laba bersih 60% akan berasal dari penjualan batu bara dan 40% sisanya dari jasa angkut.

Saat ditanya soal rencana pembagian dividen pada tahun ini, Vincent menjawab, saat ini RMK Energy fokus meningkatkan internal kas dari perbaikan kinerja keuangan perseroan yang nantinya akan digunakan untuk pendanaan rencana ke depan dan mengembangkan peluang bisnis di masa depan.

Secara pararel perseroan juga sedang berupaya mengurangi aktivitas financing dan fokus meningkatkan profitabilitas untuk investasi ke depan. "Dengan strategi tersebut perseroan dapat mengurangi risiko kenaikan suku bunga dengan menggunakan internal cash flow dari kinerja keuangan perseroan," kata dia.

Namun, Vincent menegaskan, perseroan terbuka untuk dapat membagikan dividen dengan kebijakan pembagian dividen sebanyak-banyaknya 20% dari laba bersih tahun berjalan dan dengan mempertimbangkan kesehatan keuangan serta rencana pengembangan usaha Perseroan di masa depan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Stratospheric dan Protelindo Jajaki Pengembangan Teknologi HAPS

Pendanaan dari Protelindo menjadi langkah awal SPL untuk menjajaki pengembangan teknologi HAPS dalam menghadirkan jaringan telekomunikasi sesuai topografi Indonesia.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Tangkas Motor Listrik akan melaunching showroom di lima Kota di Indonesia dalam waktu satu pekan ke depan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mandiri Capital Masih Rajin Berburu Kandidat Startup

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu anak usaha Bank Mandiri di bidang modal ventura, masih berburu kandidat startup potensial.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten Masduki mengatakan, rencana revisi Undang-undang (UU) Koperasi bertujuan mencegah penjahat keuangan di perbankan pindah ke koperasi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Finalis Puteri Indonesia dari Papua Ini Metamorfosis Jadi Peternak Sukses

Maria Fransisca Tambingon, finalis Puteri Indonesia 2014 sukses membesarkan usaha peternakan ayam petelur bersama Papua Muda Inspiratif.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Pegadaian resmi membuka layanan pendaftaran peserta baru dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Melalui adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi di sektor UMKM dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Luhut: Sampah Plastik Masalah Dunia, Harus Ditangani dengan Baik

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah plastik adalah masalah dunia dan harus ditangani dengan baik.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE