Jumat, 24 Maret 2023

Pelatihan Komunitas UMKM Kejar 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Yudo Dahono / YUD
Rabu, 8 Februari 2023 | 23:42 WIB

Denpasar, Beritasatu.com - Guna menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat Bali dilakukan pelatihan pembuatan makanan dari olahan daun kelor. Daun kelor dipilih karena memiliki potensi bisnis budidaya sangat menjanjikan, selain itu pembudidayaan daun tersebut sangat mudah.

Menurut Ketua UMKM Emak-emak For Sandi Uno Bali, Yandriani, pelatihan tersebut merupakan inovasi baru menangkap peluang yang ada di pasar. Sebab dengan adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi dapat mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru tercipta di 2024.

"Kita mengadakan pelatihan pembuatan olahan makanan yang berdahan dasar daun kelor, yakni ada dua makanan yang dipraktekkan laklak dan cendol. Laklak makanan tradisional Bali biasanya pewarna serta rasanya dari pandan tapi kali ini daun kelor," kata Yandriani seperti dikutip dari Antara di Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, Rabu (8/2/2023).

"Kelor di Bali sangat banyak, mudah-mudahan akan banyak produk yang berdahan dasar kelor untuk membuka peluang usaha baru, ini merupakan target Pak Sandi pada 4,4 lapangan kerja tercipta di 2024," sambungnya.

Yandriani menjelaskan program ini akan berkelanjutan hingga tahap pelatihan digital marketing. Menurutnya, semakin sering dilakukan pelatihan-pelatihan maka peluang usaha baru akan segera tercipta.

"Kegiatan ini akan terus diadakan pendampingan kedepannya, yaitu digital marketing agar UMKM dapat memasarkan produknya secara luas. Mereka ingin naik kelas dengan menambah ilmunya dan yang belum buka usaha dapat termotivasi dengan adanya pelatihan tersebut," tegas Yandriani.

Salah satu peserta pelatihan Billyane, 63, mengaku bahwa program ini tepat manfaat khususnya bagi pelaku UMKM. Ia pun menyampaikan setelah mengikuti pelatihan akan menambahkan penjualan produk baru.

"Saya sebagai pelaku UMKM tertarik untuk mengikuti pelatihan ini, karena menambah produk saya untuk Moringa semoga dapat terus dilakukan khususnya kami pelaku UMKM membutuhkan wawasan luas," ucap Billyane.

Billyane mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan relawan Sahabat Sandi. Ia berharap kegiatan ini akan diadakan setiap bulannya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan relawan UKM Sahabat Sandi sungguh sangat membantu banyak kalangan semoga sebulan sekali diadakan programnya," imbuhanya.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) diharapkan peserta pelatihan dapat memanfaatkan peluang usaha yang ada.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini


Bagikan

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

1034255
1034273
1034258
1034250
1034269
1034271
1034268
1034266
1034267
1034251
Loading..
Terpopuler Text

Foto Update Icon