Sabtu, 10 Juni 2023

Pemerintah Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan dan Idulfitri

Hendro D Situmorang / FER
Senin, 20 Maret 2023 | 22:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mendekati bulan Ramadan, ketersediaan bahan pangan menjadi sangat penting. Hal ini disebabkan kebutuhan akan meningkat.

Oleh karena itu, menjaga ketersediaan pangan dan harga bahan pangan menjadi prioritas pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bulan suci Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri.

Pemerintah sudah menjalankan beberapa langkah strategis guna memastikan kecukupan pasokan serta keterjangkauan harga bahan pokok bagi masyarakat.

Advertisement

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Ferry Irawan menyampaikan menjelang Ramadan dan Idulfitri 2023, sektor ketahanan pangan nasional masih menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Selain itu, masih ada disparitas pasokan antar waktu dan antar wilayah. Begitu juga faktor iklim dan cuaca yang dapat mempengaruhi pasokan pangan di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengorkestrasi kebijakan untuk menjaga stabilitas harga. Dalam konteks target, inflasi kita pada 2023 ini bisa kembali ke target awal sebesar kurang lebih satu sampai tiga persen,” ujarnya dalam Dialog FMB9 bertajuk "Menjaga Harga dan Ketersediaan Pangan" secara virtual, Senin (20/3/2023).

Menurutnya, beberapa strategi pun telah dilakukan oleh pemerintah untuk dapat memastikan terpenuhinya kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia. Terutama menghadapi bulan suci Ramadan yang dalam sejarahnya siklus tren kenaikan harga selalu terjadi.

Dari sisi pasokan bahan pangan, dia menyebutkan, pihaknya secara berkesinambungan terus melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok secara terus-menerus. Beberapa komoditas yang menjadi perhatian pemerintah antara lain beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras, serta daging sapi, agar tetap terjangkau oleh masyarakat.

Kedua, dia melanjutkan, pemerintah juga akan memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan di seluruh wilayah. Hal ini meliputi koordinasi dengan gudang distributor, pasar tradisional, pasar ritel modern, serta produsen. Dalam hal ini, perlu juga memperhitungkan adanya tambahan kebutuhan bahan pangan untuk mengantisipasi rencana penyaluran bantuan sosial di bulan Maret 2023.

Ketiga, mengoptimalkan pelaksanaan operasi pasar atau bazar murah. Langkah ini dilakukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, terutama bagi komoditas pangan strategis. Pemerintah perlu melibatkan semua stakeholders dan berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) serta Bulog untuk memastikan keterjangkauan harga bagi masyarakat.

Keempat, memastikan kelancaran distribusi pasokan pangan. Pemerintah dapat mengalokasikan anggaran bantuan atau subsidi ongkos angkut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Ini sesuai dengan peraturan perundangan untuk memperlancar distribusi dan menekan kenaikan harga.

Kelima, melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum (Satgas Pangan). Hal ini dilakukan untuk melakukan pengawasan bersama dan langkah-langkah korektif atas indikasi adanya ketidakwajaran kenaikan harga, gangguan distribusi, maupun penimbunan, termasuk penyaluran BBM dan Liquid Petroleum Gas (LPG).

Terakhir, pengelolaan ekspektasi masyarakat perlu dilakukan. Pemerintah perlu melakukan komunikasi secara transparan terkait dengan ketersediaan pasokan serta upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menjaga ketersediaan stok.

“Selain itu, himbauan kepada masyarakat melalui tokoh agama, tokoh masyarakat, media sosial, dan iklan layanan publik, diharapkan masyarakat dapat melakukan konsumsi secara wajar serta bijak berbelanja,” tegas Ferry.

Gerakan Pasar Murah
Di sisi lain, Karo Perencanaan, Kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional (Bapanas), Risfaheri, menambahkan Bapanas sebagai lembaga pemerintah berperan sebagai regulator, sementara eksekutor di lapangan adalah Bulog dan BUMN pangan.

Menurutnya, saat ini pemerintah juga telah menggencarkan gerakan pasar murah di berbagai kabupaten dan kota. Selain itu, anggaran dalam hal ketahanan pangan juga diperluas melalui APBN maupun APBD.

"Kombinasi APBN dan APBD bisa semakin masif dan pengaruhnya semakin kuat,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

BERITA TERKAIT

Sri Mulyani: Kebijakan Stabilisasi Harga Pangan Sukses Tekan Inflasi Saat Ramadan

Sri Mulyani: Kebijakan Stabilisasi Harga Pangan Sukses Tekan Inflasi Saat Ramadan

EKONOMI
Muslim di Indonesia dan Malaysia Sambut Idulfitri setelah Covid-19

Muslim di Indonesia dan Malaysia Sambut Idulfitri setelah Covid-19

INTERNASIONAL
Ramadan Tahun Ini Buat Ayu Ting Ting Sedih, Kenapa?

Ramadan Tahun Ini Buat Ayu Ting Ting Sedih, Kenapa?

LIFESTYLE
Malam Ke-29 Ramadan, 2,5 Juta Lebih Jemaah Salat di Masjidilharam

Malam Ke-29 Ramadan, 2,5 Juta Lebih Jemaah Salat di Masjidilharam

INTERNASIONAL
Dapur Umum Kosgoro 1957 Jadi Kegiatan Rutin Tiap Ramadan

Dapur Umum Kosgoro 1957 Jadi Kegiatan Rutin Tiap Ramadan

MEGAPOLITAN
Dentuman Mercon Bumbung Warnai Ngabuburit di Lumajang

Dentuman Mercon Bumbung Warnai Ngabuburit di Lumajang

NUSANTARA

BERITA TERKINI

Puluhan Rumah di Deli Serdang Rusak Diterjang Puting Beliung

NUSANTARA 9 menit yang lalu
1050398

Kabar Buruk, Cedera Betis Paksa Sandy Walsh Absen Lawan Palestina dan Argentina

SPORT 24 menit yang lalu
1050397

Kisah Pengabdian Petugas Haji Bersihkan Hajat Jemaah Lansia

NASIONAL 25 menit yang lalu
1050396

The Rain Sebut Semesta Berpesta Dongkrak Penghasilan Musisi

LIFESTYLE 43 menit yang lalu
1050394

Sempat Bersitegang dengan Marquez, Bagnaia Pole Position MotoGP Italia

SPORT 50 menit yang lalu
1050393

Nelayan Pantura Alami Paceklik Hasil Tangkapan Ikan

NUSANTARA 51 menit yang lalu
1050392

Anthony Ginting Melaju ke Final Singapore Open

SPORT 54 menit yang lalu
1050391

Masih Utuh, Mayat dalam Koper Ditemukan Polisi dalam Kondisi Setengah Telanjang

NUSANTARA 1 jam yang lalu
1050390

Persoalan Haji Bisa Disalurkan Lewat Aplikasi "Jemaah Lapor Gus Men"

NASIONAL 1 jam yang lalu
1050389

Tumpah Ruah Rakyat Bekasi di Semesta Berpesta

LIFESTYLE 1 jam yang lalu
1050388
Loading..
TAG TERPOPULER

ARTIKEL TERPOPULER





Foto Update Icon