Logo BeritaSatu

Bingung Cara Lapor SPT Tahunan? Ini Solusinya

Selasa, 18 Januari 2022 | 05:19 WIB
Oleh : B1

Jakarta, Beritasatu.com - Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT Tahunan) adalah surat yang wajib dilaporkan oleh setiap wajib pajak kepada pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Fungsinya adalah sebagai sarana melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak mulai dari objek pajak dan/atau bukan objek pajak, serta harta dan/atau kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai badan usaha yang telah terdaftar sebagai wajib pajak dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), lapor SPT Tahunan secara benar, lengkap dan jelas adalah suatu keharusan. Jenis SPT Tahunan yang dimaksud adalah Formulir SPT Tahunan 1771. SPT Tahunan tersebut memuat penghasilan, biaya dan perhitungan pajak penghasilan (PPh) terutang dalam kurun waktu satu tahun pajak.

Penyampaian SPT Tahunan ini dinilai penting dan berpengaruh karena beberapa alasan, yaitu:

1. Alat Pemeriksaan Pajak Terutang
Lapor SPT Tahunan menjadi alat pemeriksaan kebenaran perhitungan pajak terutang yang diberitahukan oleh wajib pajak. SPT Tahunan wajib dilaporkan karena terdapat kemungkinan wajib pajak mendapatkan penghasilan lain seperti investasi dan lain-lain. Selain itu, adanya kemungkinan penambahan harta yang terjadi dalam kurun waktu setahun seperti pembelian tanah, rumah atau apartemen pada tahun berjalan. Intinya, lapor SPT Tahunan diharuskan karena untuk memeriksa harta yang terdaftar dengan harta yang sebenarnya dimiliki oleh wajib pajak.

2. Bukti Kepatuhan
Wajib pajak yang telah lapor SPT Tahunan secara online, maka akan tercatat dan tersimpan dalam sistem. Hal ini dapat dijadikan bukti bahwa wajib pajak tidak absen dari keharusan memberitahukan pajak dan berguna jika terjadi sengketa pajak. Menguntungkan, bukan?

Pelaporan SPT Tahunan juga dapat menjadi tolak ukur pemerintah dalam melihat keberhasilan suatu sistem perpajakan. Suatu sistem perpajakan dikatakan berhasil dilihat dari dari kepatuhan wajib pajak memenuhi kewajibannya secara sukarela. Berdasarkan data dari DJP menjelang penutup tahun 2020, tercatat angka kepatuhan formal pajak adalah sebesar 76,86%.

Otoritas pajak menargetkan rasio kepatuhan wajib SPT Tahunan 2020 sebesar 80% dari total 19 juta wajib pajak yang terdaftar sebagai wajib pajak badan maupun orang pribadi. Adapun batas akhir pelaporan SPT pajak orang pribadi telah ditetapkan pada 31 Maret 2021, sedangkan untuk wajib pajak badan akan berakhir pada April 2021.

3. Terhindar dari Sanksi
Berdasarkan Undang-Undang No. 16 Tahun 2009 perubahan keempat atas Undang-Undang No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), besaran sanksi yang dikenakan untuk wajib pajak badan yang terlambat lapor SPT adalah sebesar Rp1.000.000 dan untuk wajib pajak pribadi sebesar Rp100.000. Jika wajib pajak sudah membayar namun masih terdapat pajak yang terutang atau PPh kurang bayar, maka pajak dikenakan sanksi bunga sebesar 2% tiap bulannya.

Wajib pajak yang karena kealpaannya tidak menyampaikan SPT Tahunan atau menyampaikannya tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap, atau melampirkan keterangan yang isinya tidak benar sehingga dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara, tidak dikenai sanksi pidana tetapi dikenai sanksi administrasi jika kealpaan tersebut pertama kali dilakukan wajib pajak. Dalam hal ini, wajib pajak tersebut harus melunasi kekurangan pembayaran jumlah pajak yang terutang beserta sanksi administrasi berupa kenaikan sebesar 200% dari jumlah pajak yang kurang dibayar.

Pengenaan sanksi pidana memungkinkan untuk dilaksanakan dan merupakan upaya terakhir guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Pasal 39 UU KUP yang menyebutkan apabila SPT tidak disampaikan atau SPT disampaikan oleh wajib pajak dengan keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara, maka dapat dikenakan sanksi pidana, yakni penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun. Sedangkan dendanya paling sedikit 2 kali jumlah pajak terutang hingga paling besar 4 kali jumlah pajak terutang.

4. Dipercaya Publik
Suatu badan usaha atau perusahaan yang sudah memiliki NPWP dan taat lapor SPT Tahunan sudah pasti tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Perusahaan tersebut tentu merasa aman untuk melaksanakan kegiatan usaha karena tidak perlu menghindar dari otoritas pajak. Apabila memang nanti terbukti suatu perusahaan tidak menyampaikan SPT Tahunannya dan kabar tersebut dipublikasikan, bukankah hal ini akan membawa dampak buruk bagi citra perusahaan? Maka dari itu, hindari hal-hal seperti ini untuk melindungi keberlangsungan perusahaan.

Dikarenakan Anda sudah tahu fungsi dan peranannya, yuk lapor SPT Tahunan sesuai tenggat waktu. Tidak sulit untuk melaporkan SPT Tahunan lho, karena surat tersebut dapat disampaikan secara online. Buatlah pengingat kapan Anda harus bayar dan lapor pajak. Akan amat sangat disayangkan jika perusahaan Anda harus merugi hanya karena tidak patuh atas kewajiban perpajakan. Siap berbisnis, siap juga berurusan dengan pajak!

Klikpajak.id memiliki fitur lengkap dan cara yang simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak maupun badan dalam satu platform. Klikpajak akan menghitung kewajiban pajak dengan tepat dan akurat sehingga Anda terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda pajak.

Selain mudah untuk bayar dan lapor SPT pajak penghasilan, apa saja fitur lengkap Klikpajak lainnya yang semakin memudahkan urusan perpajakan Anda?

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online. Salah satunya adalah Jurnal.id. Anda semakin mudah dalam membuat dan mengelola e-Faktur serta e-Bupot karena Klikpajak bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari.

Sistem ini merupakan (Application Programming Interface) API terintegrasi yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam waktu yang cepat. Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat faktur pajak secara efektif

Anda bisa mendaftarkan email di situs Klikpajak serta memanfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.165- Rp 15.209 per dolar AS.

EKONOMI | 28 September 2022

Awal Perdagangan, Aksi Jual Picu IHSG Menjauh dari 7.100-an

Pukul 09.13 WIB, IHSG melemah 15,2 poin (0,24%) menjadi 7.094 dan Investor33 melemah menjadi ke 496,1.

EKONOMI | 28 September 2022

IHSG Berpeluang Rebound, Cermati KLBF, HRUM, BBCA, UNTR

Peluang untuk rebound (menguat) masih terbuka bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (28/9/2022).

EKONOMI | 28 September 2022

Wah! Harga Emas Rebound dari Level Terendah 2,5 Tahun

Harga emas di pasar spot naik 0,38% pada US$ 1.627.6707 per ons setelah naik lebih 1% menjadi US$ 1.642,29 di awal sesi.

EKONOMI | 28 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Badai Ian Batasi Pasokan

Harga minyak naik dari level terendah 9 bulan sehari sebelumnya, didukung pembatasan pasokan di Teluk Meksiko.

EKONOMI | 28 September 2022

HashMicro Dukung Pemerintah Percepat Transformasi Digital

HashMicro perusahaan penyediaan software perencanaan sumber daya perusahaan bersama pemerintah membangun ekosistem digital Indonesia yang kuat.

EKONOMI | 28 September 2022

NPL KUR Diproyeksi Tidak Lebih 1,5% pada Akhir 2022

Kemenko Perekonomian mencatat kredit bermasalah (NPL) gross kredit usaha mikro (KUR) sampai medio September 2022 terjaga di level 1,03%.

EKONOMI | 28 September 2022

Bursa AS Berguguran, Imbal Hasil ke Level Tertinggi 1 Dekade

Bursa AS Wall Street ditutup di zona merah setelah imbal hasil obligasi atau Treasury tenor 10 tahun terus naik ke level tertinggi.

EKONOMI | 28 September 2022

Bursa Eropa Bervariasi Sikapi Pasar Obligasi Inggris

Bursa Eropa ditutup bervariasi karena kenaikan harga komoditas dan ketidakpastian pasar obligasi Inggris.

EKONOMI | 28 September 2022

Prudential Syariah Luncurkan Kanal Sharia Knowledge Centre

Prudential Syariah meluncurkan Sharia Knowledge Centre (SKC) sebagai inisiatif perseroan untuk membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings