SBY Suarakan RI dan ASEAN di G20

SBY Suarakan RI dan ASEAN di G20
Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar ( Foto: Antara )
/ WEB Kamis, 3 November 2011 | 14:33 WIB
Penunjukkan tersebut menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara yang perekonomiannya masih tumbuh berkembang.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyuarakan Indonesia dan ASEAN dalam forum pertemuan pemimpin negara maju dan berkembang (G20) di Peranis.

"Belum pernah terjadi sebelumnya seorang pemimpin negara hadir dalam dua kapasitas," kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Mahendra Siregar yang juga merupakan Sherpa Indonesia untuk Forum G20 di Cannes, Perancis, Rabu malam waktu setempat.

Mahendra mengatakan, penunjukkan tersebut menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara yang perekonomiannya masih tumbuh berkembang sekaligus masuk jajaran 20 besar ekonomi dunia. "ASEAN juga diakui kontribusi pentingnya di dalam kawasan," ujarnya.

Indonesia, kata Mahendra, akan mendorong G20 untuk tidak hanya menyelesaikan masalah krisis yang dihadapi dalam konteks stabilitas, tapi juga  mendorong proses pertumbuhan global dan keseimbangan ekonomi.

Mahendra mencontohkan, adanya ketimpangan ekonomi yang mengakibatkan krisis ekonomi 2008. Semua ketimpangan ini akan diatasi berdasarkan kategori, negara berkembang atau negara maju.

"Dalam penyeimbangan pilar global, kita wajib memperkuat ekonomi domestik, tidak hanya karena populasi dan pasar kita besar, tapi juga untuk memberi kontribusi pada ekonomi dunia," ujarnya.

Wamenkeu menambahkan Indonesia siap dalam menangani krisis ekonomi global dengan program-program ekonomi yang sudah disusun oleh pemerintah seperti MP3EI.