Pemerintah Targetkan Jumlah Wirausaha Dua Persen di 2014

 Pemerintah Targetkan Jumlah Wirausaha Dua Persen di 2014
Presiden bersama para wirausaha muda yg kreatif & berkontribusi bg masy pd acara Gerakan Kewirausahaan Nasional 2014 ( Foto: Twitter )
Kharina Triananda / FER Jumat, 11 April 2014 | 20:27 WIB

Jakarta - Untuk menggerakkan roda ekonomi nasional, pemerintah mengharapkan peningkatan yang signifikan untuk angka wirausaha di 2014. Tahun lalu tercatat 1,56 persen wirausaha di Indonesia. Dan hingga April ini sudah ada peningkatan menjadi 1,65 persen.

"Kita mengharapkan peningkatan di tahun ini bisa mencapai 2 persen. Yang artinya kita berharap kurang lebih 5 juta penduduk Indonesia bisa menjadi wirausaha di 2014," tutur Taty Ariati, Asisten Deputi Urusan Advokasi Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kementrian Koperasi dan UKM.

Dari seluruh wirausaha yang tercatat, lanjut Taty, kuliner merupakan bidang yang paling banyak diminati, karena lebih mudah mencari pasarnya di Indonesia. Menurutnya, inovasi seputar kuliner tersebut bahkan tidak berasal dari lulusan tata boga saja, tetapi dari berbagai lulusan.

"Saat saya menjadi juri pada ajang Wirausaha Muda Mandiri, saya menemukan banyak ide-ide dan inovasi brilian mengenai usaha makanan dan minuman. Sebagian besar memiliki inovasi dalam hal kemasan, seperti mahasiwa ITB jurusan Fisika menciptakan kopi celup yang sangat inovatif," ungkapnya.

Selain kuliner, menurutnya industri kreatif dan agro bisnis juga banyak diminati. Meski tidak ada angka persisnya, kata dia, wirausaha muda saat ini tetap terdepan.

"Saat ini jumlah wirausaha muda lebih dari setengah 1,65 persen tersebut. Saya tidak tahu angka pastinya, tapi yang jelas di atas 50 persen," katanya.