Pengusaha: Anak Muda Sekarang Terlalu Disibukkan dengan Perangkat Elektronik

Pengusaha: Anak Muda Sekarang Terlalu Disibukkan dengan Perangkat Elektronik
Ilustrasi asyik ber-gadget. ( Foto: Visualphotos )
Kharina Triananda Jumat, 16 Mei 2014 | 18:59 WIB

Jakarta - Pendiri waralaba Ayam Kremes Cak Muin, Ishak A. Muin, prihatin terhadap kondisi anak muda Indonesia saat ini. Menurutnya, anak muda sekarang terlalu disibukkan dengan perangkat elektronik, sehingga kurang membaca buku dan berkarya.

"Terbentuknya rumah produksi @ideas yang fokus terhadap anak muda ini, datang dari keprihatinan saya akan kondisi tersebut. Ditambah lagi, saat ini sekolah-sekolah banyak yang tidak mempersiapkan lulusannya untuk bekerja. Tidak ada kesesuaian atau link match antara dunia pendidikan dengan dunia pekerjaan," ujar Ishak pada acara peluncuran buku "Seven Secrets" produksi pertama @ideas di Jakarta, Jumat (16/5).

Pengalaman paling nyata yang dialami Ishak adalah ketika menyaring surat lamaran yang masuk ke perusahaannya. Dari ratusan surat lamaran, tidak sampai satu persen yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkannya.

"Begitu juga yang terjadi di BLK (Balai Latihan Kerja) yang sudah memiliki fasilitas dan mutu pengajar yang baik. Seharusnya itu investasi yang baik buat negara, namun yang terjadi jurusan yang banyak diminati hanya teknik komputer. Sebanyak 23 bidang yang lain sangat jarang peminatnya. Anak-anak sekarang cenderung tidak tahu apa yang mereka inginkan untuk karier mereka," imbuhnya.

Dikatakannya, @ideas merupakan wadah bagi anak-anak muda yang ingin berkarya. Rencana jangka pendek mereka saat ini adalah mendirikan rumah produksi, talent management, dan EO (Event Organizer). Namun, untuk jangka panjang mereka merencanakan untuk membuat education and training organizing serta outsourcing & labor supply.

"Saya memiliki pengalaman bekerja di perusahaan multimedia. Saya bertanggung jawab terhadap program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. Di sana saya membuat enterpreneurship centre yang difokuskan kepada anak muda. Jadi, perhatian saya terhadap anak muda sudah lama tumbuh," terang Ishak.

@ideas juga diusung oleh Vina Yunita, aktris, yang saat ini sedang fokus untuk memasarkan bukunya, "Seven Secrets", yang berisi mengenai pengalamannya berwirausaha dari usia sekolah, tips, dan pengetahuan berwirausaha.

Buku ini juga dilengkapi album lagu yang semua lagunya untuk memotivasi anak muda dan merupakan ciptaan Vina. "Seven Secrets" yang dikemas menghibur ini juga akan segera difilmkan dan memulai syuting pada akhir tahun 2014.