Logo BeritaSatu

Gandeng Perusahaan Perancis, Nias Utara Bangun PLTS 10 MW

Kamis, 7 Agustus 2014 | 14:14 WIB
Oleh : Rangga Prakoso / WBP

Jakarta - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Nias Utara menandatangani nota kesepahaman dengan R20-Region dan perusahaan asal Perancis, Akuoenergy terkait pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 10 megawatt (MW) dan pemanfaatan bahan bakar nabati asal kemiri sunan senilai US$ 40 juta

Penandatangan dilakukan oleh Bupati Nias Utara Edward Zega, Direktur Asia Pasicif R20 Nico Barito, dan Direktur Akuoenergy Eric Scotto, yang disaksikan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo dan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM. Penandatangan berlangsung di kantor Kementerian ESDM.

Advertisement

Rida mengatakan penandatangan ini merupakan langkah awal kerja sama pengembangan energi terbarukan di Nias Utara. Rencananya, PLTS dan pengembangan kemiri sunan berada di lahan 10.000 hektar (ha). "Pemerintah menyambut baik inisiatif pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi yang ada dalam memenuhi kebutuhan energi," kata Rida usai penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta, Kamis (7/8).

Ditempat yang sama Bupati Edward menerangkan ratio elektrifikasi di wilayahnya hanya sebesar 19 persen, lebih rendah ketimbang elektrifikasi nasional 81 persen. Padahal penduduk di pulau yang berada di barat Sumatera itu mencapai 1 juta jiwa. Selama ini, kebutuhan listrik di Nias Utara mengandalkan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas 25 MW.

Rendahnya elektrifikasi tersebut membuat pengembangan wisata tak kunjung terwujud. Pasalnya, investor perhotelan enggan menanamkan modalnya.

Edward menyebutkan, kebutuhan listrik di Nias Utara mencapai 100 MW. Kebutuhan ini bisa meningkat hingga 200 MW apabila iklim investasi meningkat. "Melalui kerja sama ini kami harapkan mampu meningkatkan ketersediaan listrik yang kemudian bisa menarik investor," ujarnya.

Ditempat yang sama, Nico menerangkan proses pembangunan proyek ini segera dimulai pada pekan depan dengan melakukan kajian teknis lapangan. Dia menyebutkan, proyek ini akan berlangsung dua tahap yakni 5 MW untuk tahap pertama dan 5 MW tahap kedua. Adapun investasi tahap pertama mencapai US$ 20 juta. "Pendanaan sepenuhnya kami yang tanggung. Pemda hanya menyediakan lahan. Pembangunan tahap pertama membutuhkan waktu sekitar 18 bulan," jelasnya.

Nico menuturkan, R20 merupakan lembaga nirlaba yang telah mengembangkan proyek serupa di sejumlah negara seperti India dan Kepulauan Karibia. Konsep yang diterapkan di Indonesia bakal sama dengan proyek di beberapa negara itu yakni green house dan solar panel.

Pengembangan I MW membutuhkan lahan 1 hektar. Lahan yang tersedia itu akan ditanam kemiri sunan sehingga tidak hanya menghasilkan listrik tapi juga mampu menghasilkan produk tanaman organik. "Kemiri sunan nanti jadi biodiesel yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk nelayan, transportasi bahkan untuk PLTD," ujarnya.

R20 menggandeng Akuoenergy perusahaan asal Perancis yang merupakan produsen pembangkit listrik energi terbarukan. Akuoenergy sudah mengembangkan pembangkit listrik tenaga angin di Bali yang mencapai 14 MW.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rumah Tapak dan Apartemen Laris, Pendapatan LPCK Naik 16,9%

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membukukan peningkatan pendapatan sebesar 16,9% menjadi Rp 765 miliar sepanjang semester I 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Bahlil Optimistis Realisasi Investasi Berlanjut di 2023

"Kalau ditanya apakah bisa? Insyaallah bisa karena kita mempunyai data-data investasi yang berprospek untuk masuk ke Indonesia di tahun 2023," tegas Bahlil.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

IPO Rohartindo Nusantara Oversubscribed 106,89 Kali

IPO PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL)= mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 106,89 kali.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Grup Astra Tambah Investasi di Perusahaan Pembangkit Arkora

PT United Tractors Tbk, anak usaha PT Astra International Tbk melalui PT Energia Prima Nusantara (EPN)menambah kepemilikan saham di PT Arkora Hydro Tbk (ARKO).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Penetrasi Pasar, Anak Usaha Intikeramik Buka Showroom Baru

Entitas anak usaha PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) yakni PT Internusa Keramik Alamasri (INKA) membuka showroom baru untuk produk Essenza.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings