Logo BeritaSatu

Pemerintah Bentuk Lembaga Sertifikasi bagi Pekerja Bidang K3

Selasa, 21 Oktober 2014 | 21:32 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / B1

Jakarta - Pemerintah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di bidang K3 yang kompeten dan profesional.

Lembaga ini merupakan lembaga sertifikasi profesi independen yang memberikan sertifikasi bagi tenaga-tenaga kerja yang bekerja dengan keahlian khusus bidang K3 seperti sektor ketenagakerjaan bidang K3, higienis industri, paramedis K3, pekerja di ketinggian, dan pekerja di ruang terbatas.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans), Abdul Wahab Bangkona, mengatakan, tenaga-tenaga kerja yang bekerja di bidang-bidang yang terkait dengan K3 di perusahaan-perusahaan membutuhkan keahlian khusus perlu disertifikasi untuk memastikan kualitas dan kompetensi yang dimilikinya.

“Pendirian LSP K3 ini untuk memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja bidang K3 demi terwujudnya tenaga kerja yang kredibel dan profesional di bidang K3 bagi industri dalam negeri maupun luar negeri,” Kata Abdul, di Jakarta, Selasa (21/10).

Abdul mengatakan, di masa mendatang kebutuhan tenaga kerja khusus di bidang K3 akan terus meningkat sesuai dengan tuntutan global yang mensyaratkan pelaksanaan manajemen K3 dalam setiap lini perusahaan agar memininalisir terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Kebutuhan tenaga kerja K3 yang kompeten dan profesional harus dihadapi dengan jaminan sertifikasi profesi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang diakui di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Abdul.

Dengan memiliki tenaga-tenaga kerja yang kompeten di bidang K3, kata Abdul, maka perusahaan dapat meyakinkan kliennya bahwa produk/jasanya dibuat oleh tenaga yang kompeten dan menjamin peningkatan produktivitas tanpa mengabaikan aspek perlindungan dan keselamatan pekerja itu sendiri.

Lebih jauh Abdul, meminta agar LSP K3 memberikan pelayanan uji kompetensi dan assement dengan mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan di bidang K3 sehingga setiap sertifikasi yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan kualitas dan kompetensinya.

“Prosedur dan prinsip-prinsip assesment yang tertelusur dan terukur harus diterapkan secara ketat oleh para assesor dalam pelayanan sertifikasi tenaga kerja K3 sesuai dengan SKKNI yang telah disepakati dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” kata Abdul.

Kedepannya, diharapkan LSP K3 dapat segera melakukan sosialiasi dan pendekatan dengan kalangan industri agar memastikan tenaga-tenaga di bidang K3-nya telah memiliki sertifikasi keahlian sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing.

LSP K3 memiliki kewenangan untuk menerbitkan sertifikat kompetensi sesuai pedoman BNSP, mencabut atau membatalkan sertifikat kompetensi, memberikan sanksi kepada assesor dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang melanggar aturan serta mengusulkan dan menetapkan biaya uji kompetensi.

Saat ini biaya sertifikasi tenaga kerja K3 untuk per skema keahlian berkisar antara Rp 1,3 -1,5 juta per orang dengan persyaratan umum sehat jasmani dan rohani dengan dibuktikan Surat Keterangan Dokter, dan berusia 18 tahun. Sedangkan syarat khususnya minimal D3 dan atau memiliki sertifikasi pelatihan serta minimal pengalaman bekerja yang ditentukan sesuai dengan masing-masing skema sertifikasi yang akan ditempuh.

Bagi yang berminat mengurus sertifikasi K3, bisa mendatangi Gedung Tempat Uji Kompetensi (TUK) Pusat K3 Lantai 2, Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 69-70, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. [E-8]

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

Harga minyak naik tipiskarena rencana larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan pelonggaran penguncian Covid-19 di Tiongkok.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Meski Larangan Ekspor CPO Dicabut, RI Bukan Eksportir Terbesar Lagi

Dengan kembali dibukanya keran ekspor CPO, tidak menjadikan Indonesia dalam waktu dekat sebagai negara pengekspor CPO terbesar lagi.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

Samara Land menargetkan klaster terbaru Green Paradise City di Parung Panjang, bisa rampung pada tahun 2022.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Wall Street Bak Roller Coaster karena Kekhawatiran Resesi

Meningkatnya kekhawatiran resesi mendorong bursa AS Wall Street masuk ke pasar bearish (tertekan) pada Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 21 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Stoxx 600 pan- bursa Eropa bertambah 0,5% dengan saham perjalanan dan liburan menguat 2% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

POJK Perlindungan Konsumen Dorong Masyarakat Paham Haknya

Aturan perlindungan konsumen mendorong masyarakat lebih paham hak dan kewajibannya sebagai pengguna produk dan layanan jasa keuangan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Investasi di GOTO, Ini Pandangan Pengamat Pasar Modal

Perusahaan yang berinvestasi di GOTO bukan melihat kenaikan harga saham dalam jangka pendek tetapi bisnis jangka panjangnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan ANRI selama tahun 2021, BP Jamsostek berhasil mengungguli 31 kandidat lainnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Patra Niaga Selama LebaranDinilai Optimal

Keberhasilan memberikan pelayanan BBM tidak terlepas dari inovasi PT Pertamina Patra Niaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Raih Top BUMD 2022, Bank BJB Fokus Pelayanan bagi Nasabah

Bank BJB berhasil meraih penghargaan Top BUMD 2022 dengan peringkat 1 kategori BPD KBMI 2.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings