Bambang Gatot Jabat Dirjen Minerba Kementerian ESDM

Bambang Gatot Jabat Dirjen Minerba Kementerian ESDM
Menteri ESDM Sudirman Said ( Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay )
Rangga Prakoso / MUT Kamis, 7 Mei 2015 | 10:15 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo memilih Bambang Gatot sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bambang merupakan Staf Ahli Menteri bidang Ekonomi dan Keuangan. Dia menggantikan R. Sukhyar yang memasuki masa pensiun sejak 1 Mei kemarin.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan seleksi pejabat Eselon I dilakukan melalui rekrutmen terbuka yang dilakukan sejak Desember 2014 kemarin. Rekrutmen itu terbuka bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan non PNS. Panitia Seleksi telah menyaring 110 peserta dan mendapatkan 15 calon terbaik untuk diajukan kepada Presiden. 15 kandidat itu untuk mengisi 5 posisi eselon I diantaranya Dirjen Minerba.

"Ini batu pijakan (milestone) penting untuk konsolidasi di ESDM," kata Sudirman dalam sambutannya di acara pelantikan pejabat Eselon I dan II Kementerian ESDM serta jajaran SKK Migas, di Jakarta, Kamis (07/05).

Terpilihnya Bambang membenarkan kabar yang beredar selama ini yakni Staf Khusus Menteri ESDM, Said Didu, gagal maju menjadi Dirjen Minerba. Mantan Sekretaris Kementerian BUMN itu tidak hadir dalam pelantikan hari ini. Pasalnya Said Didu sedang menjalankan ibadah Umroh.