Jelang Lebaran, Mendag Jamin Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Jelang Lebaran, Mendag Jamin Harga Kebutuhan Pokok Stabil
Menteri Perdagangan Rahmat Gobel saat memantau kondisi bawang merah yang terdapat pada Gudang Bulog di Jakarta, 27 Juni 2015. ( Foto: Antara/Vitalis Yogi Trisna )
Novy Lumanauw Senin, 29 Juni 2015 | 18:02 WIB

Jakarta - Menteri Perdagangan (mendag) Rahmat Gobel menjamin harga kebutuhan pokok di pasar tradisional stabil dan cenderung turun.

Dia mengatakan, selama ini kenaikan harga pangan terjadi akibat ada kesalahan pada supply chain sehingga kerap dimanfaatkan para spekulan.

“Saya jamin harga kebutuhan pokok stabil dan cenderung turun. Insya Allah turun,” katanya menjawab Investor Daily usai rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/6).

Dia mengatakan, sejumlah komoditas utama yang mengalami penurunan harga dalam sepekan terakhir di antaranya, gula pasir, minyak goreng curah, tepung terigu, kedelai impor, daging sapi, daging ayam ras, cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih.

“Pemerintah serius menangani masalah pangan, terutama menjelang Lebaran. Kami akan berusaha maksimal agar harga pangan tidak dimainkan para spekulan,” kata dia.

Rahmat juga menyebutkan, secara rata-rata selama periode 19-26 Juni, penurunan harga paling signifikan terjadi pada cabai merah besar, dari sebelumnya Rp 36.780 per kilogram (kg) menjadi Rp 31.910 per kg atau turun 13,24 persen. Selain itu, penurunan harga juga terjadi pada komoditas cabai rawit merah keriting dari Rp 36.855/kg menjadi Rp 32.920/kg.

Disebutkan, khusus untuk harga bawang merah, saat ini terjadi penurunan dibanding pada pekan pertama Juni 2015, yang mencapai Rp 37.000/kg. Penurunan terjadi karena panen di Brebes, Cirebon, Nganjuk, dan Bima.

Adapun untuk cabai, telah terjadi panen di Banyuwangi, Blitar, Jember, Kulon Progo, Magelang, dan Lampung. “Insya Allah, harga bahan pokok tetap stabil,” katanya.

Sumber: Investor Daily