Logo BeritaSatu

Indonesia Punya Peran Penting dalam Industri Bangunan Hijau

Rabu, 29 Juli 2015 | 17:53 WIB
Oleh : Lona Olivia, Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - Rencana pemerintah Indonesia yang telah menetapkan target untuk meningkatkan porsi energi terbarukan didalam bauran energinya menjadi 19 persen pada 2019 dari 5 persen sekarang, menjadi potensi penting dalam pameran bangunan hijau, Singapore Green Building Week (SGBW) 2015.

Indonesia, kata Director Center for Sustainable Building and Construction Building and Construction Authority, Jeffrey Neng, telah mencapai kemajuan yang pesat terkait dengan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Advertisement

Hal itu, kata dia, nampak dari percepatan program hutan dan kebun energi, dan pembangunan instalasi-instalasi gas di perkotaan, serta kebijakan untuk melengkapi kantor-kantor pemerintahan dengan panel surya.

Hingga sekarang, lembaga Konsil Bangunan Hijau Indonesia telah menganugerahkan sebanyak 10 sertifikat bangunan hijau kepada bangunan-bangunan di Indonesia. Enam diantaranya merupakan bangunan yang baru selesai dibangun sementara empat lainnya bukan merupakan bangunan baru. Saat ini, lembaga tersebut tengah menilai sekitar 70 bangunan untuk diberikan sertifikat hijau, 40 di Jakarta sementara bangunan lainnya tersebar di kota-kota lainnya.

Menurutnya, dengan tingkat urbanisasi yang pesat di Asia Timur dan Asia Pasifik, diperlukan langkah-langkah khusus untuk memastikan bahwa opsi-opsi yang dipilih dalam pengembangan kota akan mengarah pada efisiensi energi.

"Dengan luas wilayah yang merepresentasikan 7,08 persen dari total wilayah di dunia dan populasi sebanyak 3,49% dari total populasi dunia, sangat penting bagi perusahaan di Indonesia untuk mengintegrasikan masalah lingkungan ke dalam rencana pembangunan mereka," ujar Jeffrey, di Jakarta, Rabu (29/7).

Pameran ini, sebut dia, diikuti lebih dari 30.000 peserta dari 55 negara dan berlangsung pada 31 Agustus hingga 6 September. Dalam pameran ini, Building and Construction Authority of Singapura (BCA) akan menggelar International Green Building Conference (IGBC) dan Build Eco Xpo (BEX) Asia 2015.

BEX merupakan pameran perdagangan pertama yang digelar secara khusus untuk komunitas bangunan hijau di Asia yang membidangi sektor-sektor pemanasan, ventilasi dan pengaturan suhu, dan air, energi terbarukan dan pemanasan. Laporan Bloomberg New Energy Finance memprediksikan bahwa pada tahun 2030, belanja untuk teknologi terbarukan di wilayah Asia Pasifik akan tumbuh mencapai US$ 2,5 triliun.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Zulkifli Hasan menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Volatilitas Tinggi, Dana Kelolaan Ashmore AM Merosot 5%

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) mencatat dana kelolaan investasi (asset under management/AUM) turun 5%.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Ayooservis Tawarkan Perbaikan Produk Teknologi Informasi

Ayooservis bagian dari Airmas Group menyasar pelanggan pemerintah dan korporasi untuk jasa perbaikan produk teknologi informasi

EKONOMI | 28 Januari 2023

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Percepat Pemulihan Ekonomi, SBN Ritel Pilihan Tepat saat Suku Bunga Naik

Surat Berharga Negara (SBN) Ritel menjadi pilihan tepat investasi saat suku bunga terus menaik atau menanjak seperti sekarang.

EKONOMI | 28 Januari 2023

BEI Akan Rilis Papan Pemantauan Khusus Saham Tidak Likuid

BEI segera meluncurkan papan pemantauan khusus khusus hybrid untuk saham-saham tidak likuid dengan metode periodik call auction.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cek Harga Kebutuhan Pokok, Mendag Zulkifli Hasan Traktir Warga Berbelanja

Mendag Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KebakaranSwalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

KebakaranSwalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE