Pemerintah Nilai Rupiah Masih Aman

Pemerintah Nilai Rupiah Masih Aman
Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo ( Foto: BeritaSatu Photo / Gugun A. Suminarto )
Nasori / FMB Kamis, 13 Agustus 2015 | 02:30 WIB

Jakarta - Kementerian Keuangan telah melakukan penilaian atau assesment terhadap kondisi makro perekonomian Indonesia dan rupiah yang terdampak devaluasi yuan Tiongkok. Hasilnya, pemerintah menilai rupiah masih relatif aman meski menyentuh Rp 13.800.

"Kita assesment terhadap stabilitas keuangan, kondisi dolar, IHSG. Kita lihat dari pasar uang, tadi ada devaluasi, depresiasi yuan, IHSG turun cukup lumayan," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Rabu (12/8).

"Masih aman, relatif aman tapi waspada supaya tidak terus menurun, jadi istilahnya menjaga stabilitas keamanan, menahan tidak semakin bergejolak," lanjutnya.

Kurs tengah rupiah menurut Jakarta Interbank Spot Dollar Rate berada di level Rp 13.758, sementara di bank lokal rupiah menyentuh angka Rp 13.800.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Rabu (12/8) melemah 143,10 poin (3,10 persen) ke level 4.479,49.

Terkait langkah yang akan dilakukan pemerintah dalam menjaga perekonomian Indonesia, Mardiasmo mengatakan pihaknya akan melakukan rapat pada pagi ini dan hasilnya akan diumumkan setelahnya.

"Nanti kita sampaikan Kamis, pagi rapat nanti ada konferensi pers dari keseluruhan, pemerintah melalui investasi, pertumbuhan ekonomi bagaimana, stimulus fiskal bagaimana, OJK sudah mengeluarkan 35 paket, BI juga, LPS, bagaimana responnya, kebijakannya. Ini PR kita semua sebagai Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK)," kata Mardiasmo.

Sumber: Investor Daily