Kemdag Berikan Penghargaan Primaniyarta 2015 kepada Eksportir Berprestasi

Kemdag Berikan Penghargaan Primaniyarta 2015 kepada Eksportir Berprestasi
Ilustrasi Kementerian Perdagangan (Foto: http://citizendaily.net)
Ridho Syukro / PCN Selasa, 12 April 2016 | 14:08 WIB

Jakarta- Kementerian Perdagangan (Kemdag) memberikan penghargaan kepada perusahaan atau eksportir yang memberikan kontribusi terbaik terhadap kinerja ekspor Indonesia selama tahun 2015. Penghargaan tersebut diberi nama Primaniyarta.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak mengatakan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada perusahaan yang terus meningkatkan kinerja ekspornya.

Perusahaan yang mendapatkan penghargaan Primaniyarta dilihat berdasarkan keunggulan produknya dan dapat bersaing di pasar ekspor dunia.

Selain itu, perusahaan tersebut juga terus menjangkau pasar tujuan ekspor tidak hanya pasar tradisional tetapi juga pasar nontradisional.

"Kami berikan penghargaan Primaniyarta 2015 kepada perusahaan perusahaan yang terus berinovasi meningkatkan kinerja ekspornya," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/4).

Ia mengatakan penghargaan Primaniyarta 2015 dibagi ke dalam empat kategori yaitu kategori eksportir berkinerja, kategori pembangun merek global, kategori eksportir potensi unggulan ekspor, dan kategori pelopor pasar baru.

Eksportir Berkinerja adalah PT Busana Remaja Agra Cipta dengan produk pakaian dalam wanita, PT Sekar Bumi Tbk dengan produk udang, dan ikan, PT Pan Brother Tbk dengan produk garment, PT Growth Asia dengan produk casting industri tambang mineral, PT Gistex dengan produk Polyester, pant, blouse, dan skirt, PT Bio Farma dengan produk vaksin, PT Indah Golden Signature dengan produk emas batangan.

Eksportir Pembangun Merek Global adalah PT Sekar Laut Tbk dengan produk bumbu masak, PT Gajah Tunggal dengan produk ban, PT Astra Otoparts tbk, produk automotive, PT Polymindo Permata dengan produk fiber.

Eksportir Pelopor Pasar Baru adalah PT Nayati Indonesia dengan produk peralatan masak, PT ETA dengan produk circuit breaker.

Eksportir Potensi Unggulan Ekspor adalah PT Toyota Manufacturing Mobil dengan produk Automotive Parts, PT Embee Plumbon Tekstil dengan produk Yarn.

Ia mengatakan penghargaan ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 1992, dan sudah lebih dari 324 eksportir menerima penghargaan Primaniyarta. Perusahaan tersebut tersebar di 28 provinsi di Indonesia.

Sumber: Investor Daily