Gandeng 7 Percetakan, Marketplace Ini Perkuat Pasar Jabodetabek

Gandeng 7 Percetakan, Marketplace Ini Perkuat Pasar Jabodetabek
Beritasatu.com ( Foto: Beritasatu.com )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 10 April 2017 | 15:18 WIB

Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, dunia sudah memasuki era digital. Namun demikian, kebutuhan produk cetak baik bagi perkantoran/bisnis maupun perorangan tetap tumbuh. Berdasarkan survei oleh Mindspace research agency terhadap 1.200 orang, perkantoran/bisnis masih terus mencetak produk seperti kartu nama, letterhead, annual report, brosur, katalog, hingga kemasan pangan.

Atas dasar pemikiran itulah ide, sebuah marketplace produk printing bernama www.printyuk.com menggandeng tujuh percetakan digital ternama di Jabodetabek. Dengan platform ini, konsumen hanya perlu meng-click kemudian pesanan diantar ke tempat pemesan. "Kami telah bermitra dengan Xgraphics, PrimaGraphia, Revo, Sejahtera, Shrelo Textiles dan Sinar untuk cetak pada produk tekstil," kata co-founders www.printyuk.com, Iwan Mulyana, dala keterangan tertulisnya, Senin (10/4).

Untuk jenis produk, kata dia, di tahap awal terdapat 64 jenis antara lain flyer, leaflet, brosur, kartu nama, kalender, poster, name tag, ID card, dan sebagainya.

Dia mengatakan, keunggulan www.printyuk.com adalah kelengkapan produk, inovasi platform dengan konsep baru dimana individu bisa membuat desain sendiri secara interaktif dan dalam Tiga Dimensi (3-D), serta memiliki lebih dari 20 lokasi cetak di Jabodetabek.

Sementara co-fouder www.PrintYuk.com yang lain Bobby Gandasaputra menambahkan, saat ini perseroan baru hadir di wilayah Jabodetabek. Rencananya ke depan, akan membuka di kota–kota lain di Indonesia dengan mekanisme yang sama yakni bermitra dengan percetakan digital ternama dengan di kota–kota tersebut.

Menurutnya, kegagalan banyak startup adalah tingginya biaya operasional, ingin tumbuh terlalu cepat, dan hilang fokus tanpa menghasilkan pendapatan. "Apabila kendala–kendala tersebut mampu diatasi, maka bukan tidak mungkin akan lahir unicorn–unicorn baru asal Indonesia yang akhirnya dapat meningkatkan ekonomi negara ini," kata dia.

Pengamat komunikasi digital, Hendri Satrio mengatakan, di era digital, konsumen menginginkan kenyamanan, kualitas, dan harga. “Apabila pelanggan diberikan kemudahan melalui sebuah platform yang bisa ia akses dimana pun ia berada kemudian diantarkan ke tempat yang dipilihnya, itulah esensi dari efisiensi. Customer sudah dimanjakan dengan convenience. Jika www.printyuk.com mampu memenuhi harapan pelanggannya, potensi untuk berkembang sangat menjanjikan”, ujar Hendri.



Sumber: BeritaSatu.com