Unit Link Asuransi Jiwa Central Asia Raya Borong Penghargaan

Unit Link Asuransi Jiwa Central Asia Raya Borong Penghargaan
Pemberian penghargaan unit "link" dari Majalah Investor kepada perusahaan asuransi jiwa di Jakarta, Kamis 22 Februari 2018. ( Foto: MI/Uthan Rachim )
Anselmus Bata / AB Kamis, 22 Februari 2018 | 11:30 WIB

Jakarta - Majalah Investor kembali memberikan penghargaan untuk produk unit link (unit linked) yang mampu menorehkan kinerja terbaik. Penghargaan itu diberikan pada acara "Penganugerahan Unit Link Terbaik 2018" yang diselenggarakan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Kamis (22/2). Dalam proses pemeringkatan unit link ini, Majalah Investor bekerja sama dengan lembaga riset PT Infovesta Utama.

Berdasarkan hasil penilaian, ada 55 penghargaan diberikan kepada 34 unit link yang dikelola oleh 20 perusahaan asuransi jiwa. Terdapat 13 penghargaan untuk unit link saham, 15 unit link campuran, 15 unit link pendapatan tetap, dan 12 unit link pasar uang. Penghargaan itu termasuk 10 penghargaan untuk unit link berdenominasi dolar AS dan 10 penghargaan khusus untuk unit link yang dikelola perusahaan asuransi BUMN dan anak usaha BUMN.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi produk yang terbukti unggul dari sisi kinerja, sekaligus menjadi pemacu bagi perusahaan asuransi jiwa untuk menerbitkan produk yang berkualitas dan mampu memberi manfaat optimal kepada publik,” ujar Pemimpin Redaksi Majalah Investor, Primus Dorimulu.

Penilaian unit link terbaik didasarkan pada kinerja investasi, yang tercermin dari imbal hasil yang ditorehkan. Penilaian tidak saja didasarkan pada total return, melainkan juga memperhitungkan optimalisasi return. Optimalisasi return ini dihitung dengan menggunakan modified sharp ratio yang memperhitungkan faktor risiko. Dengan dua indikator ini kemudian ditetapkan pembobotan 40 persen untuk total return dan 60 persen modified sharp ratio.

Dari hasil pemeringkatan, beberapa produk unit link memperoleh lebih dari satu penghargaan. Produk Carlink Pro-Safe dari PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya, misalnya memperoleh penghargaan untuk unit link kategori pasar uang periode 3 tahun, 5 tahun, dan 7 tahun. Begitu juga JS Balanced Fund dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memperoleh penghargaan unit link campuran 5 tahun, 7 tahun dan penghargaan khusus produk asuransi kelompok BUMN dan anak usaha BUMN.

Dilihat dari perusahaan asuransi jiwa penerima penghargaan, banyak perusahaan asuransi yang menerima penghargaan lebih dari satu. PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya menerima sembilan penghargaan dari empat produk besutannya, yaitu Carlink Pro-Fixed, Carlink Pro-Safe, Carlisya Pro Mixed, dan Century Pro Fixed.

PT Asuransi Panin Life Tbk meraih tiga penghargaan dari tiga produk yang dikeluarkan, yaitu Panin MUL USD Agressive Fund, Panin MUL USD Moderate Fund, dan Panin USD Cash Fund.

PT Prudential Life Assurance menerima dua penghargaan dari dua produk yang dikelola, yaitu PRU link Syariah Rupiah Cash and Bond, dan PRU link US$ Fixed Income Fund.

PT Allianz Life Indonesia memperoleh tiga penghargaan dari produk SmartLink Dollar Managed Fund, SmartLink Rupiah Equity Fund, dan Smartwealth Equity Infrastrucure Fund.

Sedangkan, PT BNI Life memborong lima penghargaan pada kategori produk unit link perusahaan asuransi BUMN, lewat dua produknya, yaitu B-Life Link Dana Aktif, dan B-Life Link Dana Cemerlang.

Produk yang Diperingkat
Untuk diikutkan dalam pemeringkatan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi produk unit link, antara lain unit link yang diperingkat minimal berusia 3 tahun per 30 Desember 2017 dan kinerja produk tidak berada di luar kewajaran. Kategori produk yang dinilai meliputi unit link jenis saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang.

Ada pemisahan antara produk berdenominasi rupiah dan dolar AS. Dari 513 produk unit link yang dihimpun dengan kinerja hingga akhir Desember 2017, hanya terdapat 378 produk yang diikutsertakan dalam proses pemeringkatan.

Seluruh unit link tersebut kemudian dikelompokkan, yaitu unit link saham, campuran, pendapatan tetap denominasi rupiah, pendapatan tetap denominasi dolar AS, dan unit link pasar uang. Periode penilaian, terdiri dari tiga kategori, yaitu 3 tahun, 5 tahun, dan 7 tahun. Periode penilaian ini disesuaikan dengan sifat produk unit link yang berorientasi jangka panjang.



Sumber: PR/Beritasatu.com