Logo BeritaSatu

Industri FMCG Harus Mencermati Perubahan Perilaku Konsumen

Selasa, 8 Mei 2018 | 23:59 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - PT Neurosensum Technology International (Neurosensum), sebuah perusahaan riset dan survei pasar berbasis teknologi Neuroscience dan Artificial Intelligence (AI) memaparkan hasil riset 'Memahami Tren Konsumen Masa Kini' tentang perilaku konsumen dan pola konsumsi di Indonesia.

Managing Director Neurosensum, Rajiv Lamba mengatakan, riset yang dilakukan pihaknya merupakan riset menyeluruh untuk mengkaji perilaku konsumen dan pola konsumsi di Indonesia. Hal ini, memberi dampak pada perusahaan dan juga kepada ekonomi secara keseluruhan dalam jangka panjang.

"Secara garis besar bisa kami kemukakan bahwa hasil riset menunjukkan adanya perubahan perilaku yang sangat signifikan dari cara konsumen menghabiskan uangnya dan ini akan menjadi tantangan yang besar bagi industri di Indonesia, khususnya fast moving consumer good (FMCG) dan personal care. Perusahaan yang sudah lama hadir di pasar bisa kalah bersaing dengan perusahaan baru yang bergerak lebih gesit," kata Rajiv di Jakarta, Selasa (8/5).

Rajiv mengungkapkan, dari riset yang dilakukan ditemukan beberapa poin penting yang menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam perilaku konsumsi dari konsumen Indonesia. "Konsumen semakin cerdas dalam menentukan pilihan. Mereka menjadi semakin sadar akan kesehatan, dan menginginkan pengalaman yang lebih dari merek dan produk yang akan digunakan," tambahnya.

Menurutnya, sangat penting bagi perusahaan FMCG untuk beralih dari komunikasi satu arah menjadi komunikasi dua arah yang lebih menarik bagi konsumen. "Konsumen kini membelanjakan uangnya lebih banyak untuk produk gaya hidup, rekreasi, kesehatan dan kebugaran, dengan mengurangi konsumsi produk FMCG seperti makanan, minuman dan produk perawatan tubuh," tambahnya.

"Hal ini membuat mereka mengalihkan pengeluaran dari kategori FMCG tradisional seperti makanan dan minuman ke berbagai kategori dan produk yang menyediakan aneka pengalaman seperti rekreasi dan liburan, gadget atau produk elektronik dan data seluler," pungkas Rajiv.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Di Era Transisi Energi, Peranan Hulu Migas Justru Makin Besar

Peranan hulu minyak dan gas (migas) justru makin besar di era transisi energi. Kebutuhan energi di era transisi energi masih akan dipasok oleh energi fosil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Waskita Karya Jalankan 8 Strategi Penyehatan, Ini Progresnya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang dilakukan sejak tahun lalu.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

BNC Gandeng IAI Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bersinergi dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam acara Bali Pharmacy Festival 2022.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Dapat PMN, Kapan Right Issue Waskita Karya Digelar?

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Gandeng Lyrid, Biznet Gio Genjot Percepatan Ekosistem Cloud

PT Biznet Gio Nusantara (Biznet Gio), penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) di Indonesia melakukan kerja sama strategis dengan Lyrid Inc.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Bea Cukai Gemakan Semangat Kolaborasi Membangun Negeri

Askolani menyebutkan, di tahun ini terdapat beberapa capaian besar Bea Cukai di bidang pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Survei SSI, 28,9 % Pemilih PDIP Dukung Prabowo Subianto

Survei SSI, 28,9 % Pemilih PDIP Dukung Prabowo Subianto

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings