Logo BeritaSatu

Penyaluran BBM Subsidi Kembali Gunakan Teknologi Informasi

Rabu, 16 Mei 2018 | 19:06 WIB
Oleh : Rangga Prakoso / FER

Jakarta - Penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan tercatat menggunakan teknologi informasi (TI) yang terpasang pada kran penyaluran BBM (nozzle). Volume BBM yang keluar dari nozzle di setiap dispenser pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ke kendaraan akan terkoneksi ke Kementerian Keuangan (Kemkeu) maupun ke Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa, mengatakan, pencatatan penyaluran BBM bersubsidi ini sesuai dengan kesepakatan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Adapun teknologi informasi itu terpasang di SPBU milik Pertamina.

"Pertamina sekarang sanggupi. Kita komit dulu, investasi nanti. Enggak mau ulangi kegagalan RFID," kata Fanshurullah, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (16/05).

Radio Frequency Identification atau RFID merupakan alat pencatat volume BBM yang pernah dicanangkan pada 2014 silam. Namun, program tersebut tidak berlanjut mengingat BBM jenis subsidi kini tinggal jenis Solar. BBM jenis Premium tidak lagi disubsidi.

Dalam kesempatan yang sama, Pela‎ksana tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyatakan, pihaknya berkomitmen mendukung program tersebut. Adapun langkah pertama penerapan TI pada nozzle dengan membangun sistem terlebih dahulu. Pihaknya, akan membahas hal tersebut dengan Kementerian ESDM, BPH Migas dan BUMN lain yang sudah berpengalaman menggunakan sistem tersebut.

"Ini sangat diperlukan mengingat tugas pemerintah dan Pertamina operator itu menyalurkan. Lalu untuk verifikasi data untuk subsidi. Dengan kebutuhan ini kami sepakat Pertamina bangun sistem ini," ujarnya.

Nicke menerangkan, selama ini pengawasan (monitoring) penyaluran BBM subsidi dilakukan secara acak oleh BPH Migas. Dari sekiar 7.000 SPBU yang ada, tidak bisa semua diamati satu persatu. Alhasil, hanya sekitar 200 SPBU sampai 400 SPBU yang penyalurannya tercatat.

"Hal ini membuat akurasi distribusi volume Solar subsidi kurang sesuai. Dengan teknologi informasi maka volume akan tercatat dan dilakukan secara langsung (real time). Diharapkan melalui program ini maka penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran," tambahnya.

Nicke menambahkan, pihaknya segera melakukan pemetaan SPBU dalam menerapkan sistem tersebut. Pemetaan itu dilakukan guna memastikan wilayah mana saja yang siap melaksanakan program pencatatan penyaluran BBM Subsidi. "Mana yang paling siap kita jalankan lebih dulu. Harapannya, 2018 sudah ada wilayah yang terapkan," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

Bursa AS Wall Street jatuh pada Jumat (7/10/2022) karena para trader merespons laporan pekerjaan September.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir turun 1,1%, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

BOLA | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings