Kadin Anugerahi Jokowi Tokoh Pemerataan Pembangunan

Kadin Anugerahi Jokowi Tokoh Pemerataan Pembangunan
Presiden Joko Widodo (kiri) menerima penghargaan dari Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani (kanan) pada acara HUT ke-50 Kadin di Jakarta, 24 Sept. 2018. Presiden menerima penghargaan sebagai Tokoh Pemerataan Pembangunan Indonesia. ( Foto: ANTARA )
Primus Dorimulu / HA Selasa, 25 September 2018 | 00:38 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi penghargaan Tokoh Pemerataan Pembangunan Nasional oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Sejak 2015, Jokowi mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan mengimplementasi pembangunan ekonomi yang berkeadilan.

Dalam penjelasan yang dibacakan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Boby Gafur, Kadin Indonesia menilai Jokowi layak mendapat penghargaan sebagai Tokoh Pemerataan Pembangunan Nasional. Pertama, sejak 2015, pembangunan infrastruktur tidak saja dibangun di Jawa, melainkan juga di luar Jawa, bahkan di kawasan Indonesia bagian timur. Untuk mendukung pemerataan pembangunan, anggaran infrastruktur terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

Kedua, di bawah kepemimpinan Jokowi, rakyat merayakan keadilan sosial lewat BPJS Kesehatan dan kebijakan BBM satu harga. Berbagai program sosial dirasakan masyarakat tidak mampu. Di bidang usaha, pemerintahan Jokowi memperhatikan kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca juga: Jokowi Jelaskan Kenapa Tidak Mau Jawa Sentris

Merespons penghargaan yang diberikan, Jokowi mengatakan, tidak mudah bagi dirinya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. Penghargaan yang diberikan Kadin kian menyadarkan dirinya akan tanggung jawab yang berat. Sebagai kepala negara dan presiden RI, ia tidak saja membangun ekonomi, melainkan membangun negara.

Demi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ia tidak boleh melihat pembangunan dari sudut manfaat ekonomi semata, apalagi sekadar political gain, tetapi manfaat nyata yang diterima seluruh warga bangsa, Sabang hingga Marauke, Mangas hingga Rote.



Sumber: BeritaSatu.com