Sakura Garden City Gandeng 5 Bank untuk Pembiayaan Apartemen

Sakura Garden City Gandeng 5 Bank untuk Pembiayaan Apartemen
Proyek superblok Sakura Garden City di Cipayung, Jakarta Timur. ( Foto: Istimewa )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 29 September 2018 | 13:38 WIB

Jakarta - PT Sayana Integra Properti, pengembang superblok (mixed use) Sakura Garden City, di Cipayung, Jakarta Timur melakukan penandatangan (signing ceremony) dengan lima bank nasional untuk kerja sama kredit pemilikan apartemen (KPA). Kelima bank itu adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Danamon Tbk. Adapun penjualan tower pertama telah mencapai 40 persen.

"Kelima bank nasional ini untuk medukung penjualan produk apartemen Sakura Garden City," kata Wakil Presiden Direktur PT Sayana Integra Properti, Robert Yapari di sela penandatanganan kerja sama lima bank nasional, di Jakarta, Sabtu (29/9).

Sakura Garden City dengan investasi awal US$ 80 juta (Rp 1,15 triliun) ini merupakan masterpiece PT Sayana Integra Properti, berkolaborasi dengan Daiwa House Industry (kontraktor terbesar di Jepang), JOIN (gabungan BUMN Jepang dan swasta yang khusus berinvestasi di luar negeri) dan pengembang lokal, Trivo Group.

Robert mengatakan, penandatanganan kerja sama ini untuk memberikan kemudahan kepada konsumen untuk memiliki apartemen di Superblok Sakura Garden City. Dengan harga mulai Rp 500 jutaan, konsumen cukup mencicil mulai Rp 4 jutaan per bulan. “Seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia, segmen kelas menengah dan menengah ke atas tumbuh dan permintaan akan rumah meningkat dengan cepat. Dengan fasilitas KPA ini, masyarakat semakin dimudahkan dalam memiliki hunian eksklusif," kata Robert.

sakura

Untuk tahap awal, superblok seluas 10 hektare (ha) ini dibangun empat tower kondominium (apartemen) yang kontruksinya diharapkan rampung 2024. Adapun khusus tower Cattleya selesai dalam dua tahun ke depan.

Robert mengatakan, penjualan tower pertama yang menawarkan 650 unit sudah mencapai 40 persen, dan diharapkan sampai akhir tahun sudah terjual semuanya (sold out). "Unit yang tersedia di Sakura Garden City mulai tipe studio, 1 bedroom, 2 bedrooms, 3 bedrooms, loft," kata dia.

Superblok dengan 60 persen area terbuka hijau ini menyediakan hunian vertikal (apartemen) sebanyak 12 tower dengan 5.000 tempat tinggal ini akan menyasar kalangan milenial dengan harga terjangkau. Superblok ini juga dilengkapi pusat perbelanjaan (mal), rumah toko (ruko), restoran, hingga klinik. Ke depan akan dibangun juga gedung perkantoran, hotel dan rumah sakit.

Sakura Garden City yang terletak di CBD TB Simatupang dan areal industri di Jalan Raya Bogor, Bekasi dan Cikarang ini diapit dua akses tol, yaitu tol Jagorawi dan tol JORR. Stasiun LRT berada tepat di seberang lokasi dan akan disediakan shuttle bus (gratis) yang akan berangkat setiap 30 menit menuju stasiun LRT.

Daiwa House yang berdiri sejak tahun 1955 adalah pengembang dan kontraktor terbesar di Jepang dengan penjualan US$ 31 miliar di 2017 dan memiliki 174 anak perusahaan. Daiwa yang telah membangun 1,69 juta unit hunian telah hadir di 20 negara seperti Australia, Tiongkok, hingga Meksiko. Adapun JOIN adalah perusahaan pemerintahan dan swasta satu-satunya di Jepang yang mengkhususkan pada investasi infrastruktur di luar.



Sumber: BeritaSatu.com