BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara
Logo BeritaSatu

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Rabu, 31 Juli 2019 | 12:21 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan komitmennya mendukung kegiatan dialog nusantara, dalam rangka melestarikan budaya nasional dan mendorong masyarakat memiliki apresiasi terhadap kehidupan multikultural. Komitmen tersebut diwujudkan melalui dukungan terhadap gelaran Dialog Budaya Nusantara dan Anugerah Nusantara Award yang diadakan oleh Nusantara Institute dan Nusantara Kita Foundation di Jakarta, belum lama ini.

Direktur BCA Santoso mengatakan, pelestarian dan penghormatan terhadap kultur dan budaya yang beragam di Indonesia mutlak dibutuhkan mengingat bangsa ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. "Dengan jumlah pulau 17.499, Indonesia memiliki suku, budaya, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda-beda," kata Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Rabu (31/7/2019).

Santoso mengatakan, pelestarian harus terus dilakukan agar kekayaan budaya menjadi khasanah kekayaan yang memperkuat identitas Indonesia di kancah internasional.

Sementara dialog kebudayaan mendorong terciptanya situasi yang kondusif agar perbedaan dan keberagaman tersebut menjadi perekat dalam membangun Indonesia secara berkelanjutan.

Pendiri dan Direktur Nusantara Institute, Sumanto Al Qurtuby mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian komitmen dan tanggung jawab moral-intelektual sebagai anak bangsa untuk turut melestarikan aneka ragam tradisi nusantara agar tetap lestari sepanjang masa. “Kegiatan seperti ini harus terus digalakkan apalagi sekarang mulai bermunculan berbagai kelompok primordial-sektarian yang tidak lagi peduli dan bahkan antipati terhadap keragaman tradisi dan budaya nusantara,” kata Sumanto Al Qurtuby.

Dukungan terhadap dialog kebudayaan merupakan rangkaian darikomitmen yang sudah dilakukan BCA di berbagai daerah. Berbagai kegiatan dalam payung program Bakti BCA dengan konsep desa binaan telah mengangkat budaya lokal menjadi industri kreatif baru yang memberikan manfaat berkelanjutan untuk komunitas lokal di berbagai daerah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, BCA memberikan penghargaan kepada pejuang budaya, baik akademisi maupun bukan, yang secara konsisten melestarikan budaya nusantara. Penghargaan terbagi menjadi dua kategori yakni Nusantara Academic Award dan Waskita Nusantara Award. Tahun 2019 ini yang berhasil meraih Nusantara Academic Award adalah Badrus Shaleh dan Siti Mariatul Kiptiyah sedangkan untuk Waskita Nusantara Award diraih oleh Goenawan Agoeng Sambodo.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati menambahkan, program desa binaan melalui Bakti BCA adalah upaya membangun ketahanan nasional berbasis potensi dan budaya lokal untuk memperkuat komunitas lokal. Program tersebut dikembangkan dengan tren ekowisata yang saat ini sedang gencar dilakukan Pemerintah Indonesia.

Desa-desa wisata yang saat ini menjadi desa yang konsisten didampingi BCA, antara lain komunitas masyarakat di Goa Pindul, Desa Pentingsari, Desa Tamansari, Desa Wukirsari, Desa Gemah Sumilir, Desa Tinggan, komunitas Petani Jahe Emprit di Pemalang dan Jepara, serta desa binaan Bukit Peramun & Wisata Aik Rusa’ Berehun di Belitung.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Tahun 2018, Kementerian PUPR Serap Anggaran Infrastruktur 63,46%

Tahun 2018, Kementerian PUPR serapkan anggaran maksimal.

EKONOMI | 6 November 2018

Kementerian PUPR Melelang 3.926 Paket Senilai Rp 32,61 Triliun

Kementerian PUPR lelang dini proyek.

EKONOMI | 6 November 2018

5 Fakta Dalam Mencari Lowongan Kerja di Indonesia

Banyak lulusan perguruan tinggi masuk ke dalam pengangguran terbuka.

EKONOMI | 6 November 2018

IHSG Menguat di Awal Sesi di Tengah Bervariasinya Bursa Asia

Pukul 09.10 WIB, IHSG naik 21 poin (0,37 persen) menjadi 5.810.

EKONOMI | 6 November 2018

Minyak Brent Naik Dipicu Pemberlakukan Sanksi pada Iran

Minyak mentah Brent berjangka naik 34 sen AS menjadi US$ 73,17 per barel.

EKONOMI | 6 November 2018

Bintang Puspayoga Buka Pelatihan Anyaman Ketak di Lombok Utara

Bintang Puspayoga berikan pelatihan peningkatan kapasitas usaha untuk masyarakat Lombok Utara.

EKONOMI | 6 November 2018

Menguat di Awal Sesi, Rupiah Terbaik di Asia

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.890 - Rp 14.947 per dolar AS.

EKONOMI | 6 November 2018

Asuransi Kredit Perdagangan Dibutuhkan untuk Cegah Gagal Bayar

Proteksi akan meminimalisir penyedia barang dan jasa dari potensi kerugian atas gagal bayar pelanggannya.

EKONOMI | 9 November 2018

Jelang Pemilu Sela, Bursa Saham AS Bervariasi

Kenaikan Dow dipimpin IBM, yang meningkat 3,8 persen, pada penutupan pasar.

EKONOMI | 6 November 2018

PascaKecelakaan Lion Air PK-LQP, Kemhub Periksa 78 Pesawat

Pemeriksaan dilakukan terhadap enam jenis pesawat yaitu B737-300, 737-500, B737-800/900, B737-MAX 8, ATR 72-500/600, dan A320-200.

EKONOMI | 5 November 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS