Bappebti Segera Finalisasi Regulasi Cicil Emas Digital

Bappebti Segera Finalisasi Regulasi Cicil Emas Digital
Ilustrasi emas. ( Foto: Antara / Ari Bowo Sucipto )
Devie Kania / FMB Selasa, 27 November 2018 | 17:25 WIB

Jakarta -- Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memastikan segera memfinalisasi regulasi terkait perdagangan cicil emas digital. Regulasi tersebut dipersiapkan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, dan menata aktivitas perdagangan cicil emas secara digital di Indonesia.

Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhan menyatakan, penyelesaian regulasi mengenai perdagangan cicil emas digital tengah menjadi aspek yang diperhatikan pihaknya. Meski belum ada kasus atau persoalan yang muncul mengenai perdagangan cicil emas digital, tetapi dia memastikan bahwa antisipasi dengan membuat regulasi lebih awal merupakan langkah tepat.

"Soalnya, kami nggak mau, kalau sampai jatuh tempo lalu tenyata emas yang cicil tidak ada, dan saat itu nasabah sudah terlanjur banyak," ujar Wisnu dis ela acara Seminar Nasional Perdagangan Berjangka di Jakarta, di Jakarta, Selasa (27/11).

Seiring dengan hal tersebut, dia mengemukakan, salah satu poin yang akan diatur dalam regulasi terkait perdagangan cicil emas digital, merupakan kepastian wujud emas. "Boleh cicil digital, tetapi secara wujud harus ada itu emasnya," tegas Wisnu.

Adapun untuk momen perilisan regulasi perdagangan cicil emas digital memang masih dalan tahap finalisasi. Berdasarkan itu, Bappebti belum dapat menyampaikan detil isi dari regulasi yang sedang disusun. "Kami usahakan rampung sebelum akhir 2018," papar dia.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE