Logo BeritaSatu

Green Pramuka City Membarui Sistem Proteksi Kebakaran

Sabtu, 8 Desember 2018 | 10:28 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta– Apartemen Green Pramuka City, yang terletak di Rawamangun, Jakarta Pusat, selalu membarui sistem proteksi dan antisipasi kebakaran sejalan Peraturan Gubernur Nomor 143 Tahun 2016 tentang Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung dan Manajemen Keselamatan Kebakaran Lingkungan.

“Belum pernah terjadi kebakaran, tetapi karena unit proteksi kebakaran adalah kelengkapan sebuah kompleks apertemen, sehingga kami selalu meng-update secara profesional, baik peralatan, pelatihan, maupun tim fire brigade,” kata Head of Communication Apartemen Green Pramuka City Lusida Sinaga, di Jakarta Sabtu (8/12).

Sejak awal beroperasi tahun 2010, kompleks apartemen sembilan tower yang dihuni sekitar 20.000 warga itu, dilengkapi unit satuan perlindungan kebakaran gedung.

Menurut Lusida, setiap ruang di dalam unit apartemen selalu dilengkapi smoke detector, heat detector, dan head sprinkler. Sementara di setiap koridor antarunit tersedia head sprinkler dan tiga tabung pemadam kebakaran ukuran 3,5 kilogram (kg). "Di setiap lantai koridor tersedia tiga hydrant box, tiga selang, alarm, panic bottom break glass, telepon darurat, dan tangga darurat evakuasi," kata dia.

Lusida mengatakan, jika ada asap rokok berlebihan di dalam ruangan, maka smoke detector memberikan sinyal ke master control fire alarm, sehingga alarm berbunyi. "Jika suhu ruang lebih 60 derajat celcius, maka heat detector bereaksi. Apabila suhu ruangan terus menyebar, head sprinkler aktif memancarkan air dalam radius 4 meter," ujar Lusida Sinaga.

Selain itu, di setiap lantai dilengkapi 15 head sprinkler dan 15 heat detector, emergency call, dan tangga darurat. “Kemudian dalam satu kompleks termonitor dalam fire command centre selama 24 jam,” kata Lusida.

Di outdoor area dilengkapi hydrant pillar yang terhubung langsung dengan instalasi PDAM juga siamese connection yang akan menghubungkan selang dari truk pemadam kebakaran ke box hydrant.

Menurut dia, mayoritas warga apartemen cukup kooperatif, seperti rutin cek peralatan dapur dan tidak merokok dalam ruang. "Security dan customer service pengelolaan juga melakukan pengecekan berkala," ujarnya.

Salah satu kunci apartemen Green Pramuka City yang menempati areal 12.9 hektare (ha) menangani sistem proteksi kebakaran, menurut Lusida, menjaga kepedulian (awareness) warga apartemen melalui training darurat bencana setiap 3-6 bulan sekali.

Sementara sejak Desember 2016, apartemen Green Pramuka City dilengkapi pusat perbelanjaan kelas premium termasuk kehadiran supermarket Lotte Mart. Sistem proteksi kebakaran di dalam mal secara umum sama dengan di apartemen.

Sejak berdiri 2 tahun lalu, tim proteksi kebakaran di mal sudah lima kali latihan emergency dan evakuasi darurat bencana, yang melibatkan para pengunjung mal, tenant dan karyawan. "Materi pelatihan pengenalan bahaya kebakaran, teknik pencegahan, mekanisme evakuasi, hingga praktik menggunakan alat-alat pemadan kebakaran ringan," kata Lusida.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laba Melesat, Teladan Prima Agro Bagi Dividen Rp 79,8 M

RUPST PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) menetapkan pembagian dividen sebesar Rp 79,8 miliar kepada pemegang saham.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Telkom Tebar Dividen Rp 14,86 Triliun, 60% dari Laba Bersih

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memutuskan akan membagi dividen Rp14,86 triliun atau Rp149,97 per lembar kepada para pemegang saham.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Kuartal I 2022, Laba Bersih Teladan Prima Agro Naik 488,2%

PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) mencatatkan laba bersih Rp 295,6 miliar, naik 488,2% year on year (yoy) di tengah naiknya harga jual CPO (crude palm oil).

EKONOMI | 27 Mei 2022

Kuartal I 2022, SCG Catatkan Laba 3,84 Triliun

SCG berhasil mencatatkan laba Rp 3,84 triliun pada kuartal-I 2022, sebagian besar berasal dari peningkatan kinerja bisnis semen dan bahan bangunan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Investasi Telkom di GOTO Sudah Raup Untung Rp 949 M

Telkom telah berhasil meraih keuntungan sebesar Rp 949 terhadap investasi di Gojek Tokopedia (GOTO).

EKONOMI | 27 Mei 2022

Ini Respons Gapki soal Kantor Pusat Wajib di Indonesia

Sekjen Gapki Eddy Martono menegaskan, perusahaan sawit yang berkantor pusat di luar negeri tetap mematuhi ketentuan di Indonesia, termasuk soal perpajakan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Perluas Pasar, Daikin Resmikan Showroom Proshop Ke-27

Showroom Daikin Proshop dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan akan solusi udara premium yang rancang desainnya mengedepankan estetika.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Wamendag: Bappebti Punya Peran Signifikan di Industri PBK

Melihat besarnya potensi transaksi perdagangan berjangka komoditi (PBK), Bappebti sebagai lembaga pengawas dinilai memiliki peran yang signifikan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Cara Bijak Menggunakan Bukalapak Paylater yang Harus Anda Ketahui

Untuk menggunakan Bukalapak paylater dengan bijak, pastikan Anda mengenali risiko dan memilih fintech dengan bunga ringan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Bayar Utang, Indofarma Pinjam Rp 355 Miliar ke Biofarma

PT Indofarma Tbk (INAF) akan menggunakan pinjaman tersebut untuk menutupi pinjaman restrukturisasi Bank Mandiri dan memenuhi kebutuhan modal kerja.

EKONOMI | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Besok, KBRI Swiss Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

Besok, KBRI Swiss Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

NEWS | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings