Logo BeritaSatu

Robot Saingi Barista?

Sabtu, 26 Januari 2019 | 11:44 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB

Davos - Ada pemandangan menarik ketika seorang peserta World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, memesan kopi kepada robot. Robot penyedia kopi memang disiapkan untuk melayani peserta saat istirahat di sela-sela pertemuan para pemimpin ekonomi dunia.

Benoit Gerber, manajer produk lokal di ABB multinasional Swiss-Swedia, yang menyediakan robot pembuat kopi di ajang WEF, Jumat (25/1), menyatakan robot yang diberi nama YuMi itu "berusia" empat tahun dan baru pertama kali hadir dalam perhelatan tersebut. YuMi dapat membuat kopi dalam waktu kurang dari 90 detik dengan mesin kopi Nespresso. Selain membuat kopi, YuMi juga bisa membuat telepon seluler dan jam tangan.

Kehadiran YuMi di WEF, kata Benoit Gerber, juga untuk membuktikan bahwa teknologi robotik telah mampu mencapai hal-hal yang dilakukan manusia.

Tak hanya di WEF, beberapa tahun lalu telah hadir robot pembuat kopi di negara-negara maju. Salah satunya di University of Texas, Amerika. Robot pembuat kopi atau robot barista di universitas yang memiliki sekitar 10.000 mahaswa ini diberi nama Briggo. Robot ini mampu membuat semua jenis minuman kopi sesuai permintaan pembeli. Dengan kemanmpuannya itu, setiap hari Briggo sibuk menyeduh kopi bagi para pembeli.

Robot Saingi <i>Barista</i>?

Robot pembuat kopi.

Tak hanya di Amerika, Jepang yang dikenal sebagai negara pembuat robot juga memiliki Sawyer. Robot ini "bekerja" di Henna Cafe yang terletak di kawasan bisnis dan perbelanjaan di Shibuya, Tokyo. Robot ini bisa menggiling biji kopi, mengisi filter, dan menuangkan air panas ke dalam lima cangkir kertas sekaligus. Harga kopi racikan Sawyer per Februari 2018 sebesar 320 yen atau sekitar Rp 40.000 dengan kurs saat ini. Tak hanya kopi, Sawyer juga bisa membuat kapucino, cokelat panas, dan teh hijau dicampur susu (latte).

Operator kafe, Masataka Tamaki, menyatakan penggunaan robot membuat perusahaan lebih efisien, karena hanya dibutuhkan satu orang sebagai pengawas. Bandingkan dengan tenaga kerja di sebuah kedai kopi. Tak hanya itu, Sawyer juga bisa menghibur pelanggan dengan "atraksi" saat membuat kopi. Hasilnya, Sawyer bisa menyajikan kopi berkualitas dengan harga yang wajar.

Robot Saingi <i>Barista</i>?

Pemesanan kopi yang dilayani robot pembuat kopi.

Fenomena robot barista menarik perhatian Michael Wolf yang menulis artikel di thespoon.tech pada akhir Februari 2018. Dia menyoroti fenomena robot pembuat kopi di Cafe X di San Francisco, Amerika. Menurutnya, robot barista telah beralih dari objek wisata menjadi pengalaman sehari-hari. Warga San Francisco sudah bisa menerima kopi buatan robot, yang dinilainya layak, dengan layanan cepat, sekaligus mendapat pengalaman menyenangkan.

"Saya bisa melihat masa depan Cafe X yang telah banyak tersebar. Namun, saya juga berpikir barista terbaik, seperti juga koki terbaik, tidak dapat dengan mudah digantikan robot," tulisnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC dan Berbagai Sumber

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wamenaker Dukung Kerja Sama Binawan Group dan AOTS Jepang

Binawan Group menjalin kerja sama strategis dengan AOTS Jepang untuk memperkuat jaringan dan komunikasi stakeholders khususnya untuk caregiver atau careworker.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Incar Pendapatan Naik Jadi Rp 3 T, Simak Strategi Bukalapak

Bukalapak akan memperluas jangkauan kepada mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi dengan fokus pengembangan specialized platforms.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pelaku Bisnis Didorong Lakukan Transaksi Keuangan Elektronik

Ada beberapa peluang yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan revenue jika retailer menggunakan transaksi keuangan elektronik atau digital payments.

EKONOMI | 29 Juni 2022

OJK Pede Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Terjaga

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan indikator perekonomian dan kinerja sektor jasa keuangan masih terjaga dengan baik di tengah dinamika ekonomi global.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Sunter Lakeside Hotel Catat Peningkatan Gross Profit 12,18 Persen pada 2021

PT Sunter Lakeside Hotel Tbk konsisten meningkatkan kinerja bisnis seiring dengan perkembangan industri perhotelan yang kian pulih.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Simak 5 Aset Kripto yang Berpotensi Bullish pada Pekan Ini

Pergerakan pasar aset kripto memasuki tengah pekan ini masih terlihat stagnan, namun cenderung menurun.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Allianz Life Bukukan Premi Rp 3,8 Triliun di Kuartal I 2022

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) membukukan pendapatan premi bruto atau gross written premium (GWP) Rp 3,8 triliun di kuartal I 2022

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pertalite Dibatasi, Ini Kelebihan dan Kekurangan MyPertamina

Pengguna Pertalite perlu mendaftarkan di sistem MyPertamina dan memahami penggunaannya serta fitur-fitur menarik di dalamnya.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia baru saja meluncurkan Spot Award, sebuah program untuk mengapresiasi karyawan-karyawan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

PUPR Tetapkan Tiga Pemenang Sayembara Rancang Kawasan IKN

Ibu Kota Negara (IKN) akan dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

EKONOMI | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Strategi Humas Polri Dipamerkan di Festival Inovasi Kepemimpinan Nasional

Strategi Humas Polri Dipamerkan di Festival Inovasi Kepemimpinan Nasional

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings