Kembangkan Panas Bumi di Flores, ESDM Gandeng Eastern Indonesia Geothermal Consortium
Logo BeritaSatu

Kembangkan Panas Bumi di Flores, ESDM Gandeng Eastern Indonesia Geothermal Consortium

Rabu, 30 Januari 2019 | 16:57 WIB
Oleh : Rangga Prakoso / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Litbang Kementerian ESDM menggandeng Eastern Indonesia Geothermal Consortium dalam rangka percepatan pengembangan panas bumi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Eastern Indonesia Geothermal Consortium terdiri dari North Tech Energy, Turboden SpA dan SATE Ltd, yang berminat mengembangkan lapangan panas bumi di Flores.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang pengembangan panas bumi di Flores. Penandatangan itu bertempat di Kementerian ESDM pada 29 Januari kemarin. Kerja sama konsorsium dengan Badan Layanan Umum (BLU) di Badan Litbang ESDM dimaksudkan untuk memfasilitasi investasi konsorsium dalam pengembangan dan pengusahaan panas bumi.

"BLU Badan Litbang ESM dapat bermitra dengan Badan Usaha melalui Kerja Sama Operasi (KSO) ataupun Kerja Sama Manajemen (KSM) untuk ikut mempercepat investasi panas bumi," kata Kepala Badan Litbang ESDM Sutijastoto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/1).

Sutijastoto menuturkan potensi energi terbesar yang dapat dimanfaatkan di NTT adalah panas bumi sebesar 1276 MWe dan 776 MWe di antaranya terdapat di Pulau Flores. Oleh karena itu Flores ditetapkan sebagai Pulau Panas Bumi, melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 2268 K/30/MEM/2017. Dari 12 wilayah prospek panas bumi, ada tiga wilayah yang telah mendapat izin pengelolaan Wilayah Kerja Panas Bumi dari Menteri ESDM, yaitu Ulumbu, Mataloko dan Sokoria.

Konsorsium berinisiatif mengembangkan potensi panas bumi menggunakan teknologi dan metodologi yang lebih efisien dan murah, yakni teknik slim hole drilling pada pengeboran eksplorasi maupun produksi. Untuk tahap produksi, konsorsium akan menggunakan turbin dengan teknologi wellhead turbine yang langsung dipasang di atas sumur panas bumi. Turbin dapat disesuaikan dengan karakter tiap sumur, baik temperatur maupun tekanannya.

"Teknologi ini tepat untuk lapangan panas bumi berukuran kecil dan kebutuhan listrik yang tidak terlalu besar," ujar Sutijastoto.

Konsorsium terbagi dua kelompok, yakni kelompok penyedia jasa (service provider) dan penyedia ekuitas (equity provider). Service provider terdiri dari ISOR (Badan Geologi Pemerintah Islandia) dan HIVOS. ISOR berpengalaman melakukan pemetaan di bawah permukaan tanah, analisa data 3G, penentuan target pengeboran dan pendampingan selama pengeboran.

HIVOS adalah lembaga swadaya internasional Belanda yang berperan menyiapkan masyarakat di lokasi pengembangan panas bumi. HIVOS memberikan persiapan dan pelatihan di tingkat masyarakat untuk membentuk unit usaha yang memanfaatkan suplai listrik dari panas bumi dan pengembangan rumah tangga yang teraliri listrik.

Para pihak yang tergabung dalam equity provider adalah North Tech Energy (NTE) BV, Turboden SpA, EMO dan Infunde Capital. NTE BV berperan sebagai service provider dan equity provider. Turboden SpA adalah produsen turbin dengan teknologi organic rankine cycle (ORC), FMO (Bank Pembangunan Pemerintah Belanda) memberikan pembiayaan pengembangan panas bumi.

Infunde Capital berperan sebagai pengembang lapangan panas bumi dengan mengkoordinasikan semua pihak yang terlibat dan memastikan semua proses sesuai dengan kaidah bisnis yang baik. RVO adalah lembaga di bawah Kementerian Hubungan Ekonomi Belanda yang berperan dalam pemberian insentif kepada pihak swasta melalui Asuransi Risiko Sumber Daya.

Saat ini pengembangan ekonomi terbesar NTT berasal dari industri pariwisata, pertambangan, kelautan, serta panas bumi. Terdapat 11 perusahaan tambang mineral di Kabupaten Manggarai dan membutuhkan tambahan daya listrik cukup besar. Salah satunya pengolahan smelter mangan, yang membutuhkan energi 10 MW.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pembangunan Infrastruktur di Era Jokowi Dinilai Masih Banyak Kelemahan

Dikatakan Bambang, pembangunan jalan tol yang dilakukan saat ini hanya akan memenuhi kebutuhan sesaat.

EKONOMI | 30 Januari 2019

KKP Dorong Peningkatan Investasi Jepang di Sektor Perikanan

Jepang menduduki peringkat ketiga sebagai negara investor terbesar di sektor perikanan.

EKONOMI | 30 Januari 2019

IHSG Ditutup Melonjak 0,43% ke 6.464

Sebanyak 211 saham menguat, 233 saham melemah, dan 134 saham stagnan.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Mandiri Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2019 Capai 5,22%

Saat ini, Indonesia diketahui memiliki potensi tenaga kerja terbesar ke empat di dunia.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Gubernur BI: Saat Ini Waktu yang Tepat Berinvestasi

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan lebih stabil.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Pegadaian Kolaborasi dengan Tokopedia Tawarkan Investasi Emas

Kerja sama dilakukan untuk memperluas akses masyarakat, khususnya kalangan milenial untuk mendapatkan produk dan layanan Pegadaian secara daring.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Menkeu: Meski Ketidakpastian Global Meningkat, Ekonomi Domestik Terjaga

Pada APBN 2019 pemerintah fokus pada pengembangan SDM.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Bursa Asia dan Eropa Bergerak Variatif

Nikkei 225 turun 0,52 persen ke 20.556,54, Topix turun 0,41 persen 1.550,76, Hang Seng Hong Kong naik 0,4 persen ke 27.642,85.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Bank Mandiri Dorong Masuknya Investasi ke Tanah Air

Mandiri Investment Forum 2019 mempromosikan peluang investasi di Indonesia.

EKONOMI | 30 Januari 2019

Sinergi BUMN Sejahterakan Petani Tambak Muaragembong

Tambak udang diharapkan bisa makin berkembang dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

EKONOMI | 30 Januari 2019


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS