LPS Jamin Uang Nasabah Bank Safir Bengkulu Akan Dikembalikan

LPS Jamin Uang Nasabah Bank Safir Bengkulu Akan Dikembalikan
Ilustrasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) ( Foto: Antara )
Usmin / FMB Sabtu, 2 Februari 2019 | 10:38 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Tim lembaga penjaminan simpanan (LPS) masih melakukan verifikasi terhadap 46.000 nasabah Bank Safir Bengkulu, guna mengembalikan simpanan masyarakat di bank tersebut.

Hal ini dilakukan setelah OJK Sumbagsel menutup dan mencabut izin operasi Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPSR) Safir Bengkulu, karena pihak manajemen bank tersebut tidak mampu memenuhi syarat sebagai bank konvensional.

"Saya minta seluruh nasabah Bank Safir Bengkulu, tidak perlu panik, karena LPS menjamin uang nasabah akan dikembalikan secepatnya. Sekarang kita masih melakuan verifikasi terhadap nasabah bank tersebut," kata Sekretaris LPS, Samsu Adi Nugroho, di Bengkulu, Jumat (1/2).

Ia mengatakan, nasabah Bank Safir tidak perlu kahawatir karena uang simpanan mereka dipastikan akan kembalikan LPS setelah selesai melakukan verifikasi nasabah bank tersebut.

"Kita targetkan paling lambat 90 hari penyelesaian uang nasabah Bank Safir sudah tuntas," ujarnya."Silakan masyarakat mendatangi kantor Bank Safir baik yang ada di Kota Bengkulu maupun kabupaten lainnya di Bengkulu, untuk menyelesaikan pinjamannya di bank tersebut," ujarnya.

Dari pantauan SP, hingga Sabtu (2/2) pagi, kantor Bank Safir di Kota Bengkiulu, masih ramai didatangi nasabah untuk menanyakan kepastian uang mereka yang disimpan di bank tersebut.

Para nasabah takut uang mereka yang disimpan di Bank Safir tidak kembali. Namun, setelah mereka mendapat penjelasan dari petugas LPS bahwa uang mereka dijamin akan kembalikan paling lambat 90 hari ke depan, para nasabah merasa puas dan keresahan menjadi hilang.

"Saya awalnya cemas sekali, takut uang yang disimpan di Bank Safir tidak dikembalikan, tetapi setelah mendapat penjelasan dari petugas LPS, saya tidak cemas lagi karena uang nasabah pasti dikembalikan dalam waktu dekat," kata Zainal (44), warga Bengkulu.

Hal senada diungkapkan Sur (38), nasabah lainnya. Ia mengatakan, tidak merasa cemas lagi setelah mendapat penjelasan petugas LPS bahwa uang simpanan nasabah di bank Safir dijamin dikembalikan utuh sesuai besar simpanan yang terdata di bank tersebut.

Bahkan, pijak LPS menjanjikan paling lambat 90 hari, uang nasabah bank Safir sudah bisa dicairkan di bank BRI atau bank lain yang diinginkan nasabah. "Saya berharap apa yang dikatakan LPS tidak meleset," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan