Harga Avtur Tinggi, Jokowi Beri Dua Pilihan ke Pertamina

Harga Avtur Tinggi, Jokowi Beri Dua Pilihan ke Pertamina
Capres Nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri deklarasi 1000 Purnawirawan TNI-Polri dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Jakarta, Minggu (10/2). ( Foto: Beritasatu TV )
Ahmad Salman / AIS Selasa, 12 Februari 2019 | 23:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo meminta Pertamina menurunkan harga avtur agar harga tiket pesawat ikut turun. Jokowi akan memberikan dua pilihan kepada Pertamina. Pertama, meminta Pertamina menyesuaikan harga.

Jika opsi pertama tidak bisa dilakukan, maka pilihan kedua, pemerintah akan mengizinkan perusahaan minyak lain menjual avtur sehingga menyebabkan kompetisi harga.

“Monopoli harga tidak kompetitif, terpaut 30 persen. Itu yang harus dibenahi,” jelas Presiden Jokowi, belum lama ini.

Terkait hal ini Presiden Jokowi menyatakan akan mencabut monopoli penjualan avtur oleh PT Pertamina Persero kepada pihak maskapai penerbangan di Bandara Soekarno Hatta.

Mahalnya harga avtur domestik lebih tinggi 20 persen dibanding harga internasional, menyebabkan maskapai penerbangan dalam negeri menaikkan tarif tiket. Kondisi ini berdampak pada sektor pariwisata serta menurunnya tingkat keterisian hotel sejak awal tahun ini.

Sementara Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Haryadi Sukamdani mengeluhkan naiknya harga tiket pesawat dan kebijakan bagasi berbayar. Kondisi ini berdampak negatif pada pertumbuhan sektor pariwisata.

Lihat video: 



CLOSE