Indonesia Dinilai Pasar Seniors Living Paling Potensial

Indonesia Dinilai Pasar Seniors Living Paling Potensial
Peresmian Citra Premier Senior Club, dihadiri President Director Living Well Seniors Communities, Benjamin Cass, Direktur Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI), Marlin Marpaung, Spoke Person Ageing Asia, Selwyn Ang, jajaran Direksi PT Ciputra Residence dan Management Citra Premier. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Imam Muzakir / FER Minggu, 3 Maret 2019 | 19:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Ciputra Residence, meresmikan beroperasinya Citra Premier, fasilitas seniors club yang diperuntukan bagi kalangan lanjut usia (lansia) atau seniors citizen. Citra Premier merupakan wadah bagi warga lansia untuk beraktivitas dan bersosialisasi (hangout) yang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti bioskop pribadi, ruang relaksasi, ruang makan, dan ruang untuk beraktivitas.

Ketua Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI), Marlin Marpaung, mengatakan, bisnis seniors living, khususnya seniors club di Indonesia ini masih sangat potensial. Hingga tahun 2025 diperkirakan portofolio bisnis seniors living dapat mencapai Rp 23 triliun.

"Di Asia, portofolio bisnis seniors living Indonesia berada di peringkat ketiga, setelah Tiongkok dan India. Dimana populasi usia senior di Indonesia mencapai lebih 24 juta jiwa," kata Marlin, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Senior Living

Menurut Marlin, bisnis seniors living di Indonesia masih tergolong baru. Karena itu, wajar kalau fasilitas seperti ini masih kurang. ASLI sendiri terus mendorong para investor baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan seniors club di Indonesia.

"Fasilitas seniors club sendiri sangat ideal dikembangkan di kawasan perumahan. Pasalnya, tidak sedikit warga yang sudah berusia lansia sehingga membutuhkan fasilitas ini," tandas Marlin.

Senior Director PT Ciputra Residence, Meiko Handoyo, mengatakan, pembukaan Citra Premier merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan hidup, serta nilai tambah, khususnya bagi konsumen seniors citizen.

"Keberadaan Citra Premier ini melengkapi township facilities CitraGarden City, dimana fasilitas seperti ini masih sangat terbatas," kata Meiko.

Meiko mengatakan, dalam mengoperasikan Citra Premier, pihaknya bekerja sama dengan operator pengelola seniors communities asal Australia, Living Well Seniors Communities, serta Ciputra Hospital, untuk mengontrol kesehatan dari anggotanya.

"Kolaborasi sinergis ini bertujuan memperkaya kehidupan para seniors citizen melalui berbagai aktivitas yang positif dan bermanfaat. Kami ingin menghapus diskoneksitas para senior selama ini dari komunitasnya, membebaskan dari rasa kesepian, terabaikan di rumah bukan karena tidak sayang, tapi karena kesibukan para anggota keluarganya," tambah Meiko.

President Director Living Well Seniors Communities, Benjamin Cass, menjelaskan, Citra Premium beroperasi mulai dari Senin sampai Jumat, pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dengan didampingi oleh sekitar 22 staf terlatih, serta mendapat pengawasan langsung oleh tim profesional dari Australia.

"Layanan dan fasilitas Citra Premium ini dikemas dalam lingkungan yang nyaman dan setara hotel bintang 5. Adapun fasilitas yang diberikan meliputi berbagai jenis sajian makanan sehat, beragam jenis kegiatan, program kebugaran, bioskop pribadi, perpustakaan, serta fasilitas pemeriksaan kesehatan oleh staf Ciputra Hospital," tandas Benjamin.



Sumber: BeritaSatu.com