BCA Dukung Pendidikan Dasar Berkualitas

BCA Dukung Pendidikan Dasar Berkualitas
Ilustrasi BCA. ( Foto: Antara )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Selasa, 10 September 2019 | 10:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA mengadakan pelatihan guru sekolah binaan BCA yang bekerja sama dengan PT Kuark International dalam rangka membekali guru menghadapi pembelajaran abad ke-21 dan kemungkinan perubahan kurikulum. Pelatihan fokus pada pengembangan kapasitas guru agar dapat mendesain pembelajaran di sekolah menjadi lebih menarik, dan memiliki nilai tambah bagi anak didik.

Pada acara pembukaan pelatihan guru pada tahun ini, Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, pendidikan saat ini menuntut guru untuk tidak hanya mengajar dan mengelola kegiatan kelas, tetapi membangun hubungan dengan siswa dan komunitas sekolah menggunakan teknologi. "Hal ini akan mendukung peningkatan mutu pengajaran serta perbaikan praktik pembelajaran," kata Inge Setiawati dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Selasa (10/9/2019).

Untuk mewujudkan itu, kata dia, diperlukan guru yang terampil dalam merancang kegiatan pengajaran, membangun hubungan baik antarsiswa, sesama guru dan komunitas sekolah, serta mampu mengadaptasi teknologi sebagai sarana meningkatkan minat belajar siswa.

Pelatihan ini diharapkan mendorong perubahan kualitas dan kemampuan guru, yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan sekolah binaan BCA di Lampung, Serang, dan Yogyakarta. "Salah satu indikator peningkatan mutu pengajar adalah terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga mampu meningkatkan hasil uji kompetensi para siswa di sekolah binaan," ujar Inge Setiawati.

Tahun ini, pelatihan guru sekolah binaan difokuskan pada tingkat Sekolah Dasar di Serang, Lampung dan Yogyakarta. Untuk Serang dan Lampung, jumlah peserta sebanyak 46 orang, sedangkan untuk Yogyakarta berjumlah 54 orang, sehingga total peserta sebanyak 100 orang guru dan kepsek.

Khusus untuk Jogja, pelatihan guru Abad XXI dilakukan secara intensif blended learning selama 1 tahun, dengan komposisi modul tiga kali pelatihan yang akan dimonitoring oleh team Kuark dan team CSR.

Inge menambahkan, perhatian terhadap sekolah-sekolah merupakan bagian dari upaya BCA untuk membantu masyarakat lokal berkembang. Dengan menyasar sekolah-sekolah tersebut, BCA berharap perubahan yang lebih baik ke depan dapat terjadi karena sejak dini, para siswa dari sekolah binaan BCA tersebut memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menilai,
melakukan evaluasi, dan menetapkan perencanaan berdasarkan pemahaman dan kemampuan yang ditransfer dari guru kepaa murid selama proses belajar mengajar di sekolah.

Pada kesempatan tersebut Bakti BCA juga menyerahkan donasi sarana prasarana kepada tiga sekolah binaan BCA, yaitu SDN 1 Taktakan, SDN 2 Taktakan, dan SDN 1 Gadingrejo, dengan total lebih dari Rp 90 juta.



Sumber: BeritaSatu.com